laptop bisnis asus expertbook b7

Daftar Laptop Bisnis Terbaik Rekomendasi ASUS ExpertBook

Laptop Bisnis Terbaik dinilai bukan hanya diukur dari spesifikasi-nya saja namun dari beberapa aspek yang menunjang produktivitas bisnis kamu. Sekarang adalah masa depan dan era dunia digital, semua serba digital, dari kebutuhan arsip hingga jual beli. Untuk bersaing di era digital, membutuhkan berbagai ketrampilan digital, dan ketrampilan digital, pasti butuh peralatan yang menunjang. Salah satunya adalah laptop, ASUS menjawab kebutuhan tersebut dengan merilis seri ASUS ExpertBook, yang akan kami kupas tuntas.

  1. 1. Seberapa Penting Laptop Dalam Dunia Kerja atau Bisnis
  2. 2. Bisnis di Jaman Serba Online
  3. 3. Pengertian Laptop Bisnis
  4. 4. Mengapa butuh laptop bisnis
    1. 4.1. Keamanan Data
    2. 4.2. Kekuatan Body Fisik
    3. 4.3. Konektivitas
    4. 4.4. Biometrik
  5. 5. Mengapa ASUS Seri ExpertBook Menjadi Laptop Bisnis Terbaik ?
  6. 6. Spesifikasi Seri ASUS EXPERTBOOK
    1. 6.1. ASUS ExpertBook B1 B1400
    2. 6.2. ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
    3. 6.3. ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F
    4. 6.4. ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F
    5. 6.5. ASUS ExpertBook B9 Flip B9400
  7. 7. Kesimpulan ASUS ExpertBook Sebagai Laptop Bisnis Terbaik
    1. 7.1. Processor
    2. 7.2. GPU (Graphics Processing Unit)
      1. 7.2.1. MX330 NVIDIA®
      2. 7.2.2. Intel® Iris® Xe
    3. 7.3. Storage
    4. 7.4. Pendingin AHCS
    5. 7.5. Konektivitas Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      1. 7.5.1. Wireless
        1. 7.5.1.1. WIFI 6
        2. 7.5.1.2. Bluetooth 5
        3. 7.5.1.3. 4G LTE
        4. 7.5.1.4. 5G
      2. 7.5.2. Port Umum
      3. 7.5.3. Port Intel® Thunderbolt™ 4 USB-Type C
      4. 7.5.4. MicroSD Card Reader
      5. 7.5.5. Nano SIM Card Slot
    6. 7.6. Layar / Screen
      1. 7.6.1. Bezel dan Screen Ratio
      2. 7.6.2. Touch Screen Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      3. 7.6.3. Anti-Glare
      4. 7.6.4. Hinge / Engsel Layar
    7. 7.7. Keamanan Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      1. 7.7.1. Standar Militer Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      2. 7.7.2. ASUS Antibacterial Guard
      3. 7.7.3. Spill-Resistant Keyboard
      4. 7.7.4. HDD Protective Foam
      5. 7.7.5. FingerPrint Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      6. 7.7.6. Enkripsi Data Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      7. 7.7.7. Face Recognition
      8. 7.7.8. Privacy Shield Camera
      9. 7.7.9. Blue Light Protection Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
    8. 7.8. Camera Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
      1. 7.8.1. 3D noise-reduction (3DNR)
    9. 7.9. AI Noise-Cancelling
    10. 7.10. Virtual NumberPad Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
    11. 7.11. Backlit Keyboard Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook
    12. 7.12. MPP (Microsoft Pen Protocol) 2.0
  8. 8. Memilih Laptop Bisnis Terbaik Berdasarkan Profesi
    1. 8.1. Entry Level Bussiness
    2. 8.2. Data Analysts, Coders And Mentors
    3. 8.3. Design Conceptors and Drawing Artist
    4. 8.4. Auditors and UI Designers
    5. 8.5. LEGENDARY Freelancers
  9. 9. Tips Menentukan Pilihan Laptop Bisnis
    1. 9.1. Budget <12 jutaan
    2. 9.2. Budget <30 jutaan

Seberapa Penting Laptop Dalam Dunia Kerja atau Bisnis

10 tahun lalu, mungkin laptop masih menjadi barang yang terakhir dibeli ketika membutuhkan sebuah perangkat yang membantu pekerjaan. Masyarakat dan perusahaan lebih memilih komputer yang harganya lebih murah jadi bisa menyesuaikan budget. Selain itu komputer juga memiliki perangkat yang bisa di upgrade sedemikian rupa. Namun seiring perkembangan laptop dan teknologi informasi, keberadaan laptop makin banyak di pasaran, sehingga harga makin bersaing. Upgrade perangkat laptop pun makin memungkinkan karena para vendor menjadikannya fitur tersendiri untuk menambah daya saing.

Dengan keunggulan dan fungsi yang sama, maka laptop perlahan mengambil alih peran komputer dalam dunia kerja dan perusahaan. Bentuknya yang ringkas membuatnya tak perlu meja khusus dan tempat tertentu untuk digunakan, ini bisa menghemat pengeluaran untuk perusahaan.

Buat saya yang bergelut di dunia digital, desain atau web development, membeli laptop adalah suatu keharusan. Karena saya tidak ingin selalu mengandalkan komputer di kantor, seringkali mentahan project saya simpan. Dengan demikian, sekalipun saya pindah kerja, bahan-bahan tersebut masih saya simpan dan bisa digunakan kembali. Lho bukannya bisa dengan cara simpan di flash disk atau hard disk external ?. Jawabannya tidak bisa, mengapa?. Karena flash disk dan hard disk external rawan virus serta rusak, mereka tidak punya pertahanan apapun dari virus. Sementara untuk membuka file butuh komputer atau laptop yang mana tidak menjamin komputer atau laptop yang digunakan bebas dari virus. Terutama komputer dan laptop di tempat umum seperti warnet atau persewaan lainnya.

Terlebih lagi, belakangan ini terjadi pandemi yang memaksa banyak orang bekerja dari rumah atau WFH, sehingga laptop menjadi kebutuhan primer dalam dunia kerja.

Bisnis di Jaman Serba Online

Sebelum masuk pembahasan laptop bisnis terbaik kita bahas satu persatu latar belakangnya. Perkembangan bisnis di dunia online makin pesat, banyak startup startup baru bermunculan yang semuanya menawarkan kemudahan akses atau transaksi daring. Apapun bisa dilakukan secara online, dan tampaknya, semua bisnis sekarang sudah harus online, minimal memiliki website. Jangkauan pasar juga makin luas, yang awalnya hanya terbatas pada ruang lingkup tertentu, sekarang menjadi tak terbatas berkat internet. Jangkauan pasar inilah yang memungkinkan siapa saja bisa menjadi pebisnis sukses, dengan catatan media pemasaran dan strategi yang digunakan tepat.

Tren media pemasaran berubah dengan sangat cepat, mulai dari era forum jual beli dengan rekbernya, kemudian muncul tren toko online. Kemudian dari era toko online tren bergeser ke iklan sosial media. Setelah banyak juga penjualnya, sekarang bergeser lagi ke video-video pendek.

Jika bisnis kamu mampu memilih media pemasaran yang tepat, peluang untuk mendatangkan calon klien atau pembeli akan jadi lebih besar. Ditambah lagi jika strategi bisnismu tepat, kamu akan jadi out of the box, yang berbeda dari para pesaingmu.

Pengertian Laptop Bisnis

Kesimpulan kami, laptop bisnis adalah laptop yang dirancang baik desain, spesifikasi dan fiturnya memiliki nilai tambah untuk kebutuhan bisnis. Sebenarnya laptop bisnis tidaklah mempunyai perbedaan yang besar dengan laptop pada umumnya. Akan tetapi laptop bisnis dikembangkan benar-benar mempertimbangkan dan fokus pada hal apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis. Kebutuhan ini meliputi berbagai aspek yang akan sangat membantu para bisnis man dalam pekerjaan sehari-hari. Cukup sulit untuk menelusuri laptop bisnis pertama di dunia, namun bagi kami ASUS sukses menggunakan segmentasi pada produk laptopnya. Mulai dari ASUS ROG yang khusus buat gamers hingga kini ASUS ExpertBook untuk para pebisnis.

Mengapa butuh laptop bisnis

Dari pentingnya laptop untuk kerja, hingga bagaimana bisnis berkembang, sudah tepat jika seorang pebisnis hanya fokus pada segmen laptop bisnis. Banyak fitur yang tidak ditemukan pada laptop pada umumnya yang ada pada laptop bisnis. Diantaranya adalah keamanan data, kekuatan body fisik, konektivitas dan biometrik (sensor sidik jari, pengenal wajah, dll). Dari keunggulan tersebut, tidak masuk akal rasanya untuk tidak mempertimbangkan menggunakan laptop bisnis.

Keamanan Data

Keamanan data dibutuhkan mengingat varian dari malware makin banyak. Ditambah lagi kian banyak orang terutama anak muda yang belajar untuk menjadi seorang hacker atau peretas. Dengan keamanan data, data yang tersimpan atau transaksi yang dilakukan menggunakan laptop bisnis bisa lebih aman.

Kekuatan Body Fisik

Kekuatan build atau body fisik laptop bisnis mutlak diperlukan karena benturan sehari-hari kerap dialami jika pengguna cukup mobile seperti pebisnis. Dengan body yang kuat maka laptop akan lebih tahan terhadap benturan, getaran bahkan dari kerusakan akibat terjatuh.

Konektivitas

Konektivitas disini adalah berbagai slot atau port yang memungkinkan notebook terhubung dengan gawai lain, termasuk internet. Pelaku bisnis sering menggunakan media external seperti monitor, proyektor atau printer dalam kegiatan sehari-harinya. Sehingga konektivitas berupa port external yang lengkap sangat membantu.

Koneksi internet yang lebih cepat jelas akan membuat rutinitas bisnis makin lancar.

Biometrik

Biometrik berupa sensor sidik jari atau pengenal wajah juga penting, karena mencegah spy password atau otentikasi kita selama mengoperasikan laptop. Dengan sensor-sensor tersebut, meminimalisir password kita direkam atau di lihat oleh peretas.

Mengapa ASUS Seri ExpertBook Menjadi Laptop Bisnis Terbaik ?

Pertanyaan ini sebenarnya mudah untuk dijawab, karena dalam sejarah pengembangan laptop, ASUS telah sukses dengan ASUS ROG nya, yaitu selalu menjadi pilihan terbaik untuk jenis laptop gaming selama bertahun-tahun. Kini mereka mengembangkan laptop jenis bisnis yang tentu saja berpeluang besar mengikuti kesuksesan ASUS ROG. Jawaban mudah tersebut ternyata memang sesuai dengan berbagai fitur yang ditawarkan ASUS ExperBook.

Spesifikasi Seri ASUS EXPERTBOOK

Setidaknya ada 5 produk unggulan dalam seri ASUS ExpertBook, yaitu B1 B1400, B3 Flip B3402, B5 Flip B5302F, B7 Flip B7402F dan B9 B9400. Semuanya punya keunggulan masing-masing dengan berbagai fitur yang dimiliki.

ASUS ExpertBook B1 B1400

laptop terbaik asus expertbook b1 b1400

Operating System (OS) Windows 10 Pro
Processor (CPU) Up to Core™ i7 11th Gen Intel®
Grafik (GPU) MX330 NVIDIA®
RAM / Memori Up to 48 GB DDR4 RAM
Storage / Hard Drive Up to 2 TB (1 TB HDD SATA + 1 TB SSD SATA)
Konektivitas & Port
  • WIFI 6
  • Bluetooth 5
  • RJ45
  • USB 2.0
  • HDMI
  • 2 Port USB 3.2 Gen 2
  • Port USB-Type C Intel® Thunderbolt™
  • Micro SD card reader,
  • Audio Combo Jack 3.5mm
  • Kensington lock
  • DC in charging
Berat 1.45 kg
Tebal 19.2 mm
Fitur Lain
  • Enkripsi Data, TPM 2.0
  • Fingerprint,
  • BlueLight Protection,
  • Backlit keyboard,
  • Camera shield,
  • Audio Noise-Cancelling,
  • LED Virtual number pad
  • Ergolift hinge,
  • 180 degree screen,
  • Resolusi Hingga 4K 3840 x 2160 resolution
  • Screen-to body ratio 84%, dengan bezel 6.4 mm
  • Body Standar militer
  • Lapisan Pelindung cairan pada keyboard
Harga Mulai Rp. 12.000.000-an

ExpertBook B1 1400 menurut kami adalah new entry level karena hampir semua standar laptop bisnis yang penting ada di sini. Perbedaan dengan yang seri B lain adalah :

  1. Hard Drive jalur SATA baik itu HDD ataupun SSD, keunggulannya menurut kami adalah, jalur HDD SATA membuat kita dapat pasang HDD dari laptop lama. Ini memudahkan kita dalam migrasi data dari laptop lama.
  2. Resolusi Hingga 4K 3840 x 2160 resolution, yang tidak dimiliki atau tidak disebutkan pada seri B lain.
  3. Menggunakan GPU MX330 NVIDIA® yang merupakan GPU gaming dari Nvidia yang memang dikembangkan untuk game. Sedangkan seri B lain menggunakan Intel® Iris® Xe yang dikembangkan untuk designer dan kreator. Menurut kami GPU dari B1 lebih tangguh untuk pekerjaan-pekerjaan berat yang membutuhkan pengelolaan grafik seperti animasi atau video.

Dibanderol dengan harga 12 jutaan dan segudang keunggulan mungkin B1 layak untuk masuk jajaran laptop bisnis terbaik tahun 2022.

ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

laptop bisnis terbaik asus expertbook b3

Operating System (OS) Windows 11 Pro
Processor (CPU) Up to Core™ i7 11th Gen Intel®
Grafik (GPU) Intel® Iris® Xe
RAM / Memori Up to 48 GB DDR4 RAM
Storage / Hard Drive Up to 1 TB SSD (1 Slot M.2)
Konektivitas & Port
  • WIFI 6
  • Bluetooth 5
  • RJ45
  • USB 2.0
  • USB 3.2 Gen 1
  • 2 Port USB-Type C Intel® Thunderbolt™
  • HDMI 2.0
  • Micro SD card reader,
  • Port Nano SIM Card Combo 4G LTE
  • Stylus Garage (slot charging stylus)
  • Audio Combo Jack 3.5mm
  • Kensington lock
Berat 1.61kg
Tebal 19.25mm
Fitur Lain
  • Enkripsi Data, TPM 2.0
  • Touch Screen dan Multi Touch
  • MPP (Microsoft Pen Protocol) 2.0, (pensil stylus)
  • Fingerprint,
  • BlueLight Protection,
  • Backlit keyboard,
  • 2 (dual) Camera
  • Camera shield,
  • Audio & Video Noise-Cancelling,
  • LED Virtual number pad
  • 360 degree screen,
  • Kensington lock
  • Body Standar militer
  • Lapisan Pelindung cairan pada keyboard
  • Bahan Plastik Bersertifikat Anti Bakteri
  • Sertifikat Intel EVO
Harga Mulai Rp. 14.000.000-an

B3 Flip B3402 dibanderol dengan harga 14 jutaan, dan punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh seri lain, diantaranya adalah :

  1. Port Nano SIM Card Combo 4G LTE membuat kamu bisa menggunakan paket data langsung didalam laptop memakai kartu SIM, sehingga tidak perlu pakai wifi untuk sambungan internet. Pada beberapa situasi ini sangat dibutuhkan mengingat pebisnis kadangkala ada ditempat yang tidak internet friendly.
  2. Pensil stylus dan tempat chargingnya adalah keunggulan dari seri B3. Pada seri flip lain pensil tidak disebutkan dalam spesifikasi produk, meskipun sudah support.
  3. Dual kamera, ini adalah seri flip ExpertBook satu-satunya yang menggunakan 2 kamera. Sehingga ketika digunakan sebagai tablet, kamu bisa mengambil foto dengan lebih mudah.
  4. Bahan plastik body yang sudah sertifikat ISO 22196 yang merupakan sertifikat untuk bahan-bahan anti bakteri.

ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F

perbedaan asus expertbook b5

Operating System (OS) Windows 10 Pro
Processor (CPU) Up to Core™ i7 11th Gen Intel®
Grafik (GPU) Intel® Iris® Xe
RAM / Memori Up to 48 GB DDR4 RAM
Storage / Hard Drive
  • Up to 2 TB SSD (2 Slot M.2)
  • RAID technology
Konektivitas & Port
  • WIFI 6
  • Bluetooth 5
  • RJ45 via Micro HDMI
  • USB 2.0
  • USB 3.2 Gen 2
  • 2 Port USB-Type C Intel® Thunderbolt™
  • HDMI 2.0
  • Micro SD card reader,
  • Audio Combo Jack 3.5mm
  • Kensington lock
Berat 1.3kg
Tebal 16.9mm
Fitur Lain
  • Fast Charging,
  • Enkripsi Data, TPM 2.0
  • Touch Screen dan Multi Touch
  • Layar OLED
  • Layar Anti-glare
  • Pensil stylus ASUS Pen SA201H
  • Fingerprint,
  • BlueLight Protection,
  • Backlit keyboard,
  • Camera
  • Camera shield,
  • Audio & Video Noise-Cancelling,
  • LED Virtual number pad
  • 360 degree screen,
  • Kensington lock
  • Body Standar militer
  • Pelindung cairan pada keyboard
  • Bahan Magnesium alloy dan Aluminium alloy
  • Sertifikat Intel EVO
Harga Mulai Rp. 18.000.000-an

B5 B5302F merupakan produk yang menurut kami termasuk unggulan dari ExpertBook, bagaimana tidak sederet perbedaan dengan seri lain membuatnya unik.

  1. Teknologi RAID memungkinkan 2 jalur M.2 yang ada pada laptop ini bekerjasama untuk hasil pemrosesan yang lebih cepat.
  2. Dengan berat yang hanya 1.3Kg, menjadikannya salah satu laptop paling ringan di seri ExpertBook
  3. Fast Charging ada di seri B5, B7 dan B9, merupakan keunggulan tersendiri, karena kita tidak setiap saat ada di tempat yang mudah untuk mendapatkan listrik.
  4. Layar OLED juga tertanam pada seri B5, B7 dan B9, yang memungkinkan kita mendapatkan gambar yang lebih realistis dengan kontras yang seimbang.
  5. Layar Anti-glare disematkan pula pada laptop ini dan laptop selanjutnya. Anti glare adalah sebutan untuk layar kaca yang anti pantulan, sehingga apabila ada cahaya dibelakang kamu saat anda didepan laptop, cahayanya tidak akan menyilaukan kamu.

ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F

laptop bisnis asus expertbook b7

Operating System (OS) Windows 11 Pro
Processor (CPU) Up to Core™ i7 11th Gen Intel®
Grafik (GPU) Intel® Iris® Xe
RAM / Memori Up to 64 GB DDR4 RAM
Storage / Hard Drive Up to 2 TB SSD (M.2 PCIe)
Konektivitas & Port
  • WIFI 6
  • Bluetooth 5
  • RJ45 via Micro HDMI
  • 2 port USB 3.2 Gen 2
  • 2 Port USB-Type C Intel® Thunderbolt™
  • HDMI 2.0
  • Micro SD card reader,
  • Nano SIM Card Up To 5G
  • Mini DP
  • Audio Combo Jack 3.5mm
  • Kensington lock
Berat 1.43kg
Tebal 18.9mm
Fitur Lain
  • NFC
  • Fast Charging,
  • Plat/pipa pendingin AHCS
  • LED dibalik layar
  • Shortcut hotkey
  • Face recognition
  • Enkripsi Data, TPM 2.0
  • Touch Screen dan Multi Touch
  • Layar Anti-glare
  • Rasio aspek 16:10
  • Kaca Corning®
  • Ergolift Hinge
  • MPP (Microsoft Pen Protocol) 2.0, ASUS Pen SA201H
  • Fingerprint,
  • BlueLight Protection,
  • Backlit keyboard,
  • Camera
  • Camera shield,
  • Mikrofon ganda
  • Audio & Video Noise-Cancelling,
  • Dua speaker bersertifikat Harman Kardon
  • LED Virtual number pad pada touch pad
  • 360 degree screen,
  • Kensington lock
  • Body Standar militer
  • Lapisan Pelindung cairan pada keyboard
Harga Mulai Rp. 22.000.000-an

Selanjutnya adalah laptop bisnis terbaik ExpertBook B7 Flip B7402F, laptop ini mempunyai beberapa keunggulan. Sperti yang telah disebutkan diatas seperti anti glare, fast charging dan layar OLED, beriktu kelebihan lainnya.

  1. Seri ExpertBook yang bisa di upgrade hingga Up to 64 GB DDR4 RAM
  2. B7 dan B9 mempunyai Slot M.2 jalur PCIe yang lebih cepat dari SSD M.2 biasa.
  3. Guna menyambut era 5G yang sebentar lagi akan ada, B7 dilengkapi dengan Nano SIM Card 5G yang lebih ceapt dari pendahulunya.
  4. Untuk ukuran ketebalan 18.9mm laptop ASUS ExpertBook B7 juga salah satu yang paling tipis.
  5. Dilengkapi dengan pipa pendingin AHCS
  6. Seri B7 dan B9 juga dilengkapi dengan Shortcut hotkey, yang membuat kamu bisa membuat tombol shortcut keyboard sendiri.
  7. B7 dan B9 juga tertanam proximty censor yaitu sensor pengenal objek yang biasa digunakan untuk Face recognition. Ini mempermudah kita dalam menyimpan password dengan lebih baik dan rahasia.
  8. Rasio aspek 16:10 yang dimiliki menjadi pembeda dari Expertbook lain yang masih 16:9, hal ini menambah kesan luas pada layar.
  9. Kaca Corning® juga menjadi bahan kaca untuk B7 dan B9, belum dikonfirmasi apakah seri yang lain juga ada.
  10. Mikrofon ganda memungkinkan suara yang ditangkap oleh laptop apabila tidak menggunakan headset menjadi jauh lebih jelas.
  11. Dua speaker bersertifikat Harman Kardon yang membuat pengalaman menjadi kian seru

ASUS ExpertBook B9 Flip B9400

spesifikasi asus expertbook b9

Operating System (OS) Windows 11 Pro
Processor (CPU) Up To Intel® Core™ vPro® Generasi ke-11
Grafik (GPU) Intel® Iris® Xe
RAM / Memori Up to 32 GB LDDR4x 4266 MHz RAM
Storage / Hard Drive
  • Up to 2 TB SSD (2 Slot M.2 PCIe)
  • RAID technology
Konektivitas & Port
  • WIFI 6
  • Bluetooth 5
  • RJ45 via Micro HDMI
  • USB 3.2 Gen 2
  • 2 Port USB-Type C Intel® Thunderbolt™
  • HDMI 2.0
  • Micro SD card reader,
  • Audio Combo Jack 3.5mm
  • Kensington lock
Berat 0.8kg
Tebal 14.9mm
Fitur Lain
  • IR Camera
  • Proximity Censor / Face recognition
  • Fast Charging,
  • Enkripsi Data, TPM 2.0
  • Touch Screen dan Multi Touch
  • Layar OLED
  • Layar Anti-glare
  • Fingerprint,
  • BlueLight Protection,
  • Backlit keyboard,
  • Camera
  • Camera shield,
  • Audio & Video Noise-Cancelling,
  • LED Virtual number pad
  • 360 degree screen,
  • Kensington lock
  • Body Standar militer
  • Pelindung cairan pada keyboard
  • Bahan Magnesium alloy
  • Sertifikat Intel EVO
Harga Mulai Rp. 30.000.000-an

ASUS ExpertBook B9 Flip B9400 merupakan laptop terbaik pilihan kami, karena hampir semua fitur unggulan ExpertBook ada di laptop ini. Seperti yang disebutkan diatas, RAID Tech, anti glare, layar OLED, fast charging, M. 2 PCIe, face recognition, dan sebagainya telah termasuk dalam laptop ini. Keunggulan lain yang patut untuk digaris bawahai adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menjalankan prosesor hingga Intel® Core™ vPro® Generasi ke-11
  2. Menggunakan RAM LDDR4x 4266 MHz hingga 32 GB
  3. Menjadi laptop paling ringan dengan berat hanya 0.8 kg atau 800 gram saja.
  4. Merupakan laptop bisnis paling tipis yaitu hanya setebal 14.9mm.
  5. Terdapat fitur IR Camera atau kamera infra merah, sehingga mampu menangkap gambar dalam gelap.
  6. Berbahan Magnesium alloy yang membuatnya ringan namun tetap kuat.

Kesimpulan ASUS ExpertBook Sebagai Laptop Bisnis Terbaik

Processor

B1, B3, B5, dan B7 sanggup menjalankan hingga Processor Up to Core™ i7 11th Gen Intel®, sedangkan B9 mampu sampai Intel® Core™ vPro® Generasi ke-11. Kemampuan tersebut adalah batas maksimal prosesor ASUS ExpertBook bisa di upgrade, karena tidak semua varian dari ASUS EXPERTBOOK langsung dibekali Core™ i7.

GPU (Graphics Processing Unit)

MX330 NVIDIA®

Dari segi grafik pun demikian, MX330 NVIDIA® adalah GPU (Graphic Processing Unit/Unit Pengelola Grafik) yang dikembangkan untuk gaming, sehingga kecepatannya tidak diragukan lagi. Hanya seri B1 1400 yang menggunakan NVIDIA, seri B lain menggunakan Intel® Iris® Xe.

Intel® Iris® Xe

Teknologi pengelola grafis (GPU) yang di gunakan pada ASUS ExpertBook B3 Flip tidak main-main yaitu Intel® Iris® Xe, yang dikembangkan oleh intel untuk memenuhi kebutuhan para desainer dan kreator. Tak hanya itu ketahanan Intel® Iris® Xe untuk gaming tidak diragukan lagi, bahkan mampu mencapai 1080p untuk resolusi dengan 60FPS. Makin tinggi resolusi, gambar akan makin detail, pun demikian, makin tinggi FPS, maka game yang dimainkan akan semakin lancar (tidak patah-patah). Intel® Iris® Xe juga dikenal memiliki low-power architecture, yaitu penggunaan daya yang makin irit.

Storage

Semua ASUS ExpertBook dilengkapi dengan SSD baik itu tipe jalur kabel SATA atau tipe M.2 jalur PCIe.

  • SSD jalur kabel SATA mempunyai kemampuan atau kecepatan hingga 4x dari hard disk biasa dalam memproses data. Tipe SSD ini dimiliki oleh seri B1.
  • SSD Tipe M.2 jalur PCIe mempunyai kemampuan memproses data 5x lebih cepat dari M.2 jalur SATA. Tipe SSD ini dimiliki oleh seri B3, B5, B7 dan B9.

Selain itu tipe B5 dan B9 bahkan memiliki PCIe berteknologi RAID yang sanggup memproses data 2x lebih cepat, daripada PCIe biasa.

Pendingin AHCS

Pendingin AHCS, adalah semacam pipa plat logam yang melintang dan digunakan untuk mendinginkan komponen.

Konektivitas Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Pada sebuah laptop bisnis konektivitas memegang peranan penting, karena dijaman semua serba digital dan online ini, kita membutuhkan gawai yang bisa all-in-one, atau dengan kata lain, cocok dengan perangkat digital apapun dan koneksi internet tingkat maksimal. Untuk itu laptop ASUS ExpertBook dibekali dengan berbagai port koneksi dan wireless hardware teknologi terkini.

Wireless

Teknologi wireless membuat apa saja semakin simpel, tanpa perlu urusan kabel yang perlu gulung dan kusut. ASUS ExpertBook sebagai laptop bisnis terbaik memiliki teknologi wireless terkini diantaranya adalah.

WIFI 6

Wifi 6 merupakan teknologi wifi terkini yang lebih baik dalam penerimaan sinyal dan lebih cepat dalam transfer data baik upload atau download hingga 2.4 Gbps. Semua seri ExpertBook telah dibekali dengan hardware ini.

Bluetooth 5

Koneksi bluetooth saat ini masih dikembangkan dan masih dibutuhkan, terutama untuk keyboard tambahan, mouse atau speaker. Dukungan bluetooth 5 dalam laptop ASUS ExpertBook membuat delay pada perangkat yang terhubung makin kecil, dengan kata lain, lebih cepat dibanding pendahulunya. Bluetooth 5 juga telah tertanam pada semua seri ExpertBook.

4G LTE

Pada ASUS ExpertBook B3 ada slot untuk nano SIM card, jadi kamu bisa langsung bisa menggunakan paket data 4G LTE tanpa perlu koneksi WIFI.

5G

ASUS ExpertBook B7 dibekali dengan koneksi 5G, yaitu teknologi internet terkini yang memiliki kecepatan lebih dari 4G LTE.

Port Umum

Untuk kebutuhan bisnis dengan mobilitas tinggi, semua ASUS ExpertBook dibekali dengan berbagai port untuk koneksi berbagai device.

  • RJ45 untuk menyambungkan laptop dengan jaringan dan internet melalui kabel LAN. Pada seri B1 1400 port ini sudah tersedia, namun untuk B3, B5, B7 dan B9 diganti dengan Mini HDMI yang dilengkapi dengan converter RJ45.
  • Selanjutnya adalah HDMI yang biasanya untuk menyambungkan ke monitor tambahan atau proyektor.
  • Port USB 2.0 atau 3.0 ada di semua tipe ExpertBook.
  • Audiojack 3.5mm juga ada pada semua seri.
  • Kensington lock, adalah slot khusus untuk gembok laptop.

Port Intel® Thunderbolt™ 4 USB-Type C

USB-Type C merupakan jalur USB yang paling cepat (mencapai 40 Gbps), oleh karena itu makin sering digunakan pada perangkat ponsel dan sebagai jalur untuk pengisian daya cepat. Teknologi fast charging juga digunakan ASUS seri ExpertBook melalui USB Type-C, namun pada seri B1 hanya disediakan charger melalui jalur DC in. Intel® Thunderbolt™ 4 USB-Type C juga dapat digunakan sebagai jalur monitor external tambahan yang ber resolusi hingga UHD 4k.

MicroSD Card Reader

MicroSD Card adalah chip memory card yang biasanya juga digunakan pada ponsel, sebagai tempat penyimpanan tambahan. Slot ini tersedia pada ASUS Expert Book B1, B3, dan B7.

Nano SIM Card Slot

Slot Nano SIM Card adalah tempat untuk memasukkan SIM Card, seperti layaknya ponsel.

Layar / Screen

Untuk kenyamanan pengguna yang rata-rata pebisnis, ASUS juga menawarkan berbagai keunggulan pada sisi screen atau layar.

Bezel dan Screen Ratio

Bezel adalah jarak antara layar dengan tepi bodynya. Pada umumnya, semua seri ExpertBook memiliki bezel tipis, screen-to body ratio rata-rata berkisar 84%. Namun pada B9 bezel makin tipis, sekitar 4mm saja, sehingga screen-to body ratio mencapai 94%.

Screen ratio istimewa ada di seri Expert Book B7, yaitu 16:10, berbeda dari laptop lain yang ada pada 10:9. Screen ratio ini membuat layar menjadi lebih tinggi, sehingga pandangan menjadi sedikit lebih luas.

Touch Screen Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Untuk laptop bisnis terbaik, fungsi touch screen akan menjadi nilai tambah tersendiri. Karena ada beberapa situasi menggunakan touch pad atau mouse memiliki tantangan tersendiri. Contohnya ketika posisi memangku laptop karena tidak adanya meja atau tatakan, maka tangan kita akan menekuk sedemikian rupa untuk memakai touch pad, sama halnya saat menggunakan mouse pada situasi yang sama.

Oleh karena itu tipe B3, B5, B7 dan B9 memakai touch screen yang support multi touch. Multi-touch adalah sensor yang mampu mendeteksi jumlah jari yang menyentuh layar.

Anti-Glare

Anti-Glare adalah sebutan dari kaca anti pantulan, sehingga tidak glosy ketika diterpa cahaya, mirip cat doff, namun tidak terkesan gelap. Layar Anti Glare ada di B5, B7 dan B9.

Hinge / Engsel Layar

Pada semua seri, engsel didesain Ergolift hinge, yaitu derajat kemiringan keyboard akan terangkat seiring dengan layar terbuka. Hal ini makin memudahkan kita dalam menggunakan keyboard.

Layar pada seri B1 bisa dibuka hingga 180 derajat, ini sangat berguna bagi pebisnis pada situasi saat laptop hanya bisa dipangku, atau diletakkan dimeja yang lebih rendah dari posisi duduk. Layar jadi bisa disesuaikan hingga 180 derajat.

Pada B3, B5, B7 dan B9, karena termasuk jenis flip, maka layar bisa terbuka penuh hingga 360 derajat. Dengan fitur layar sentuh, laptop-laptop seri tersebut bisa menjadi tablet.

Keamanan Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Pelaku bisnis perlu mempertimbangkan sisi keamanan laptop, baik keamanan penggunaan maupun keamanan data atau arsip. ASUS menjawab semua itu melalui seri laptop bisnisnya.

Standar Militer Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Kontruksi body nya tangguh berstandar AS MIL-STD 810H, yaitu standarisasi militer USA. Dengan standar militer tersebut semua laptop ini mampu bertahan dalam setiap kondisi ekstrem, dari suhu sangat dingin atau beku, hingga panas terik badai gurun, dan guncangan berkecepatan tinggi hingga benturan sehari-hari. Pengujian, seperti uji tekanan panel, guncangan hingga jatuh, uji ketahanan buka tutup hingga 30.000 kali, jatuh dari 120 cm, dan berbagai tes lain.

Structure-strengthening aluminum-alloy pada B1 sebagai bahan cover atas, sedangkan B3, B5, dan B7 menggunakan perpaduan magnesium dan alumunium alloy. Sementara B9 menggunakan magnesium alloy untuk mendapatkan bobot yang sangat ringan.

ASUS Antibacterial Guard

Seperti namanya, adalah perlindungan dari bakteri. Perlindungan ini ada di seri B3 dan spesifik pada bahan plastiknya yang sudah berstandar ISO 22196 (merupakan standar internasional untuk bahan antibakteri). Menjaga keyboard, touchpad dan palm rest tetap higienis hingga 99% selama 24 jam.

Plastik ini juga tahan terhadap berbagai macam bahan pembersih seperti alkohol dan cairan anti bakteri seperti asam hipoklorit.

Spill-Resistant Keyboard

Dengan pelindung cairan pada panel keyboard ini, cairan yang tertumpah tidak akan merusak komponen elektronik lain.

HDD Protective Foam

Perlindungan ini khusus ada pada seri B1 yang menggunakan HDD atau hard disk yang terdapat piringan. Jadi pada bagian hard drive menggunakan Protective foam atau pelindung busa yang akan melindungi hard drive dari guncangan dan benturan.

FingerPrint Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Sensor sidik jari yang terintegrasi dengan windows hello tertanam dalam tombol power, sehingga kamu ngga perlu mengingat atau memasukkan password untuk berbagai macam otentikasi di windows 10 atau windows 11.

Enkripsi Data Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

ASUS ExpertBook juga di lengkapi dengan Trusted patform module 2.0, yaitu sebuah chip khusus untuk enkripsi data dalam laptop dTPM 2.0. Enkripsi data ini termasuk berbagai otentikasi oleh berbagai program, seperti password, atau transaksi. Dengan demikian detail data kamu dalam berbagai transaksi penting akan tetap terlindungi dan nyaris menghilangkan resiko kebocoran data atau peretasan.

Face Recognition

Pada ASUS ExpertBook B9 ada pengenal wajah menggunakan proximity censor, yaitu sensor yang mampu mendeteksi sebuah objek.

Privacy Shield Camera

Privacy shield camera merupakan tuas penutup kamera, ini membuat privasi kita bisa tetap terjaga hanya dengan menggesernya saja.

Blue Light Protection Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk emisi cahaya biru rendah, membuat pengalaman melihat layar makin nyaman dan membantu melindungi mata dari kerusakan.

Camera Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

720p HD camera tertanam pada kamera utama semua seri ExpertBook, namun khusus untuk B3 yang dual kamera salah satunya 13 MP.

3D noise-reduction (3DNR)

3D noise-reduction (3DNR) adalah teknologi untuk mengurangi bintik-bintik semut hingga 94% terutama pada cahaya redup. Meski demikian hasil tingkat eksposur atau detail tidak berkurang.

AI Noise-Cancelling

Fitur ini untuk meminimalisir noise atau suara-suara yang mengganggu ketika kita sedang menggunakan microphone, seperti suara angin, motor atau suara lain yang sebenarnya jauh dari mic. Meski pengaturannya musti memakai aplikasi MyAsus, namun fitur ini sangat bermanfaat, terutama dalam confrence call dan voice recording.

  • Upstream Noise-Cancelling adalah peredam bising yang bersumber dari speaker atau microphone kita.
  • Downstream Noise-Cancelling adalah peredam bising yang bersumber dari suara lawan bicara.

Fitur ini terkonfirmasi ada pada B3, B5, dan B7, sementara masih belum kami temukan tautan untuk B1 dan B9.

Virtual NumberPad Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

NumberPad adalah deretan angka 9 baris dari 1 sampai 9, yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard konvensional. Pada laptop bisnis ASUS ExpertBook B1 1400 number pad ini telah terintegrasi dalam touchpad, dengan bantuan lampu LED yang tertanam. Kamu bisa dengan mudah menyalakannya dan mengatur kecerahannya dengan icon di sudut kanan dan kiri touchpad.

Backlit Keyboard Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook

Backlit keyboard adalah lampu LED yang membuat keyboard menyala, fitur ini sangat bermanfaat saat kondisi sekitar gelap dan tombol keyboard tidak terlihat.

MPP (Microsoft Pen Protocol) 2.0

Adalah pensil stylus, yaitu sebuah pensil yang bisa untuk menggambar langsung di layar. Pada seri B3 Pensil ini memiliki slot khusus di samping laptop yang sekaligus sebagai tempat untuk charging, pengisian daya hanya 15 detik untuk penggunaan 45 menit. Sementara untuk seri B5, B7 dan B9 beberapa varian produk sudah termasuk ASUS Pen SA201H.

Memilih Laptop Bisnis Terbaik Berdasarkan Profesi

Berikut ini adalah saran kami berdasarkan ulasan yang kami buat. Berbagai profesi yang kira-kira cocok dan mampu memaksimalkan penggunaannya.

Entry Level Bussiness

ASUS ExpertBook B1 cocok buat kamu yang bisnisnya mulai berkembang, karena ini adalah seri entry level. Dengan demikian finansial kamu tidak akan terlalu terbebani namun sekaligus bisa mendapatkan sebuah laptop yang handal dengan berbagai fitur pokok seperti kecepatan, kekuatan dan keamanan.

Data Analysts, Coders And Mentors

ExpertBook B3 Flip B3402 paling cocok buat kamu yang sering presentasi atau mengisi seminar, seperti pengajar atau seorang data analyst. Layar touch screen 360 derajat, pensil stylus dan 4G LTE memberikan kemudahan kamu untuk ber akselerasi dengan menggunakan laptop. Laptop ini juga cocok untuk kamu yang punya profesi sebagai coder, baik itu web developer ataupun app designer.

Design Conceptors and Drawing Artist

B5 Flip B5302F lebih cocok buat kamu yang berprofesi sebagai design conceptor atau seniman gambar, karena touch screen support 4096, yang membuat akselerasi pensil stylus bisa lebih detail berdasarkan tekanan. HDR enhanced realism memberikan warna yang jelas serta visual yang sangat detail dan realistis, dengan gamut warna 100% DCI-P3 tingkat bioskop. Ini membuat hasil cetakan dari gambarmu sesuai dengan apa yang kamu buat pada layar.

Auditors and UI Designers

B7 Flip B7402F sangat cocok buat kamu yang sering bermain dengan big data, yaitu mengedit data yang ukurannya besar. Dengan pendingin AHCS pemrosesan data-data besar tidak akan berpengaruh banyak terhadap temperatur CPU, sehingga kinerja tetap stabil. Dukungan 5G membuat transfer data baik upload atau download akan jauh lebih cepat. Profesi yang mungkin cocok adalah seorang desainer UI, yang mana berurusan dengan code-code yang terkadang ukurannya besar. Seorang auditor mungkin juga akan sangat terbantu dengan seri ini. Terlebih lagi fitur keamanan yang ada dalam laptop ini membuat data sensitif, transaksi perbankan, atau transaksi jual beli jauh lebih aman.

LEGENDARY Freelancers

B9 B9400 mungkin sangat cocok buat kamu seorang freelancer yang sangat mobile, yang sering sekali berpergian. Karena barang bawaan akan terasa ringan dengan beratnya yang  hanya 800 gram serta bodynya yang tipis. Kalau boleh kami bilang bahwa laptop ini kelasnya sudah legendary bukan lagi ultimate, karena hampir semua fitur untuk sebuah laptop bisnis ada di seri ini.

Tips Menentukan Pilihan Laptop Bisnis

Hal paling mendasar untuk mendefinisikan laptop bisnis mana yang kamu butuhkan menurut saya adalah budget, karena masing-masing punya keunggulan. Untuk itu kami akan coba golongkan 2 jenis budget saja, yang kurang dari 12 juta dan kurang dari 30 juta, karena merupakan range harga notebook bisnis ASUS ExpertBook.

Budget <12 jutaan

Jika budget kamu mendekati atau belum menyentuh angka 12 juta, mending di tahan dulu dengan perangkat seadanya. Karena jika mendekati 12 jutaan sayang kalau tidak mengambil ASUS ExpertBook B1 yang cuma 12 jutaan.

Budget <30 jutaan

Jika budget kamu kurang dari 30 juta namun masih jauh mendekatinya maka saran kami pilih saja ASUS ExpertBook yang range harganya sesuai dengan KEBUTUHAN kerja kamu. Misalnya jika pekerjaanmu bergelut dengan desain ilustrasi, dan budget kamu 19 jutaan, kmu ada 3 pilihan, B1, B3 atau B5, maka saran kami adalah ambil yang B5. Karena B5 punya fitur yang membuat pensil stylus lebih peka terhadap tekanan, ini penting bagi ilustrator. Namun jika pekerjaan kamu adalah seorang pebisnis online, saran kami ambil yang B3 karena dia ada fitur slot 4G LTE.

Dari penjelasan tersebut jelaslah bahwa tips tersebut bergantung budget dan pekerjaan kamu, namun bila budget kamu bisa untuk memilih laptop manapun, saran kami ambil yang ultimate, ASUS ExpertBook B9.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *