laptop gaming terbaik rog g14

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Para Gamer 2022 – Review

Laptop gaming terbaik berikut kami harap dapat membantu kalian memahami dengan lebih baik. Bahasan ini penting karena kita sering tidak bisa membedakan merek satu dengan lainnya. Melihat hanya berdasarkan kapasitas penyimpanan, prosesor dan besar RAM saja.

Istilah laptop gaming justeru saya tahu dari ASUS ROG pada 2009 saat hendak membeli komputer portable. Padahal ASUS sendiri sudah meluncurkan ASROG sejak 2006. Sejak itulah saya menyadari bahwa besaran RAM dan kapasitas hardisk saja belum cukup, pasti lebih dari itu semua. Seketika itu saya berhenti mencari, dan beralih mencari yang minimal bisa winning eleven saja. Namun tidak juga cari spesifikasi game, hanya tanya penjual saja beres.

Mengapa Butuh Laptop Jika ada PC

Pertanyaan itu muncul berdasarkan logika sederhana yang semua orang pasti berpikiran sama. Jika sebuah PC bisa memenuhi kebutuhan gaming dengan spesifikasi sesuai keinginan dan biaya yang lebih adjustable, mengapa butuh laptop?. Namun pada kenyataannya, ketika sudah siap membeli malah kepikiran sayang sekali uang jutaan untuk beli PC padahal ada yang lebih ringkas, lebih cakep dan terlihat mewah. Emosi mengambil peranan penting mengapa logika yang saya sebut di awal paragraf tidak berlaku. PC tidak terlihat orang lain, tidak bisa dibawa ke cafe atau warkop. Bahkan, yang hanya berlabel gaming pun laku keras, ya karena pertimbangan emosi.

Pengertian Laptop Gaming

Laptop gaming adalah jenis komputer jinjing atau PC portable yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming. Perangkat ini biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan yang biasa, sehingga dapat menjalankan game dengan lancar. Notebook gaming juga biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam bermain game, seperti keyboard yang memiliki tombol-tombol khusus untuk gaming dan touchpad yang lebih sensitif.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih notebook gaming adalah prosesor, kartu grafis, kapasitas RAM, dan ukuran layar. Prosesor yang digunakan pada biasanya adalah jenis Intel Core atau AMD Ryzen yang memiliki kecepatan clock tinggi. Kartu grafis yang digunakan juga harus berkualitas tinggi, seperti NVIDIA GeForce atau AMD Radeon, agar dapat menampilkan grafis game dengan baik. Kapasitas RAM yang tinggi juga diperlukan untuk menjalankan game dengan lancar, biasanya minimal 8GB. Ukuran layar yang ideal untuk notebook gaming adalah 15 inci atau lebih besar, agar dapat menampilkan game dengan jelas.

Selain spesifikasi hardware, biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam bermain game. Salah satu fitur yang sering ditemukan pada notebook gaming adalah keyboard yang memiliki tombol-tombol khusus untuk gaming, seperti tombol macro dan tombol programmable. Keyboard ini berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengatur aksi yang akan dilakukan oleh game. Touchpad juga biasanya lebih sensitif, sehingga lebih mudah untuk mengontrol aksi pada game.

Selain itu, notebook gaming juga biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti cooling system yang lebih baik, audio yang lebih bagus, dan konektivitas yang lebih cepat. Cooling system yang lebih baik dibutuhkan agar tidak mengalami overheating saat bermain game yang membutuhkan komputasi yang tinggi.

Perbedaan Dengan laptop biasa

Saya beberapa kali “tertipu” dengan istilah gaming pada produk yang saya beli. Yang pertama adalah karena salesnya memberikan bukti bahwa produknya terpasang banyak game. Padahal semua game yang terpasang hanya game-game casual atau maksimal winning eleven versi terdahulu atau counter strike lama.

Kemudian saya punya kesempatan lain lagi beli lagi, dan terulang kembali hal yang sama, namun kali ini ada tambahan bahan promo yaitu kapasitas RAM. Jelas sebenarnya itu sama saja tidak ada perbedaan, hanya saja dengan memory lebih besar.

Yang terakhir saya sebenarnya sudah cari detailnya terlebih dahulu, yaitu berpatok pada prosesornya, dan menemukan prosesor Ryzen 5. Lalu saya mulai mencari laptop gaming terbaik sesuai dengan budget saya dengan prosesor Ryzen 5, namun berakhir flop juga. Lalu apa sih sesungguhnya yang membedakan dengan yang biasa ?. Kita pernah mengulas segmen Bisnis dan daftar lengkap expertbook bisnis, namun belum untuk segmen gaming.

Prosesor (CPU)

Seperti pengalaman ketiga saya yang “tertipu”, karena saat itu saya baru tahu kalau ada beberapa tipe prosesor yang khusus game. Informasi kapabilitas tersebut saya dapat di website vendor prosesor. Di sana ada berbagai fitur yang mendukung untuk aktivitas gaming. Namun ternyata, fungsi dan fitur tersebut tidak bisa tercapai sendiri oleh prosesor, butuh komponen lain agar kemampuan maksimal prosesor bisa tercapai. Untuk itu tak cuma butuh prosesor gaming namun perlu komponen lain yang mampu menjadikan kinerja porsesor optimal.

GPU

Pemrosesan grafis ini dulu belum pernah saya perhatikan, karena mengira semua GPU bersifat integrated atau sudah termasuk dalam prosesornya. Tapi ternyata ada yang namanya discrete grafis yang GPU nya terpisah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui notebook gaming tersebut integrated atau discrete. Jika integrated, istilah laptop gaming masih ambigu, namun jika discrete maka 80% itu adalah notebook gaming.

Setelah tahu bahwa itu adalah discrete, selanjutnya cari informasi tentang tipe GPU dan merek. Lihat sedetail mungkin apa yang ada dalam fitur-fiturnya.

Apabila memungkinkan, kamu bisa membedakan dengan yang biasa dari VRAM yang ada. Akan tetapi, mendapatkan informasi ini tidak mudah, perlu cek berbagai sumber. Pada umumnya menggunakan maksimal 2Gb sementara notebook gaming menggunakan 4-6GB.

Sistem Pendingin

Notebook gaming pada umumnya mempunyai sistem pendingin khusus, karena beban proses berat dari game bisa menghasilkan panas dengan cepat. Laptop biasa tidak akan ada spotlight khusus untuk pendingin, karena pasti hanya mengandalkan fan saja, bahkan jarang yang menggunakan heatpipe.

Sebelum membeli pastikan terlebih dahulu bagaimana teknologi dalam mendinginkan atau mengeluarkan panas.

Konektivitas

Era gamer masa kini konektivitas sangat penting karena banyak sekali para gamer yang ingin menjadi live streamer game terkenal. Untuk menjadi live streamer maka koneksi harus maksimal. Laptop biasa mungkin akan cukup dengan teknologi WiFi 4 atau 5 yang mampu mencapai frekuensi 5GHz, namun untuk live streamer koneksi tersebut belumlah cukup. Hal ini karena sudah ada teknologi yang lebih baru dan lebih cepat hingga frekuensi 6GHz yaitu WiFi 6.

Rekomendasi Seorang Gamer

Bagi saya yang seorang gamer, pilihan laptop gaming terbaik selalu ada di ASUS ROG, seperti yang saya ceritakan di atas, tapi yang saya baru tahu adalah bahwa ASROG punya banyak sekali tipe. Semua punya kelebihan masing-masing, namun saya yakin semuanya lebih unggul dari kebanyakan merek lain dengan segmen gaming.

Sejak 2006 ASUS telah membuktikan konsistensinya dari pengembangan setiap generasi produk gamingnya. Mereka turut andil dalam berkembangnya komunitas gaming terbesar di Indonesia melalui rogcomunity. Setidaknya ada 8 tipe ASUS ROG yang tahun ini 2022 memasuki pasar Indonesia dengan harga yang bervariasi mulai dari 15 jutaan.

ASUS ROG Tipe Flow

ASUS ROG Tipe Flow merupakan jenis ROG yang mempunyai kapabilitas unik, yakni touchscreen. Karena hal itu, semua tipe Flow bisa berfungsi sebagai tablet, bahkan support untuk penggunaan pensil stylus. Dan karena bisa jadi tablet oleh karena itu semua tipe flow mempunyai berat lebih ringan dan body lebih tipis dari kebanyakan notebook gaming.

ROG Flow X13

asus rog flow x13
Menurut ASUS South east Asia regional directory Jimmy Lin bahwa ROG Flow X13 ini berhasil mengubah paradigma laptop gaming tidak bisa convertible. Melalui desain yang sangat portabel, tipe ini mampu tampil layaknya yang ultra thin.

Dengan CPU AMD Ryzen 6000 series yang mempunyai 8 core dengan 16 thread tentu jauh melebihi ultra thin laptop kebanyakan, bahkan lebih dari kebanyakan. Chipset grafis NVIDIA RTX makin membuat gep kecepatan dengan yang biasa makin terasa, dengan bantuan berbagai AI termasuk DLSS yang mampu membuat performa pintar dan kencang.

Keistimewaan lain pada notebook gaming satu ini adalah daya tahan baterainya. Semua komponen yang tertanam memang irit daya sebagai contoh pemakaian LPDDR5 yang merupakan DDR5 versi rendah daya (Low-Power). Kapasitas maksimal dari LPDDR5 pada Flow X13 adalah 32Gb.

Kendati memberi perhatian lebih pada konsumsi daya, performa yang hadir masih kelas gaming, termasuk sistem pendingin. Ada berbagai komponen penting dalam sistem pendingin. Beberapa yang kami pelajari adalah

  1. Heatsink dengan permukaan yang lebih tinggi dengan luas permukaan mencapai 44mm2.
  2. AI pengatur performa daya, yang secara otomatis menyesuaikan kebutuhan pemakai.
  3. Liquid metal compound, yakni pasta prosesor berbentuk logam cair, yang lebih meredam panas dari yang berbahan silikon.
  4. Heatpipes yang lebih tipis
  5. Arc FLow Fans yang merupakan kipas dengan bilah kipas yang lebih banyak.

Istimewanya lagi, ada slot khusus untuk ROG XG Mobile yang mana merupakan produk GPU external dari ROG. Device ini memungkinkan penggunaan GPU yang lebih tinggi (RTX 3070) dari discrete grafis bawaan Flow X13 (RTX 3050). Sangat cocok jika menggunakan monitor tambahan.

ASROG Flow X16

ASROG Flow X16
Kesuksesan ROG Flow X13 menjadi cikal bakal lahirnya ROG Flow X16. Hadir dengan teknologi yang sama dan keunggulan yang sama namun dengan ukuran layar yang lebih besar.

Keistimewaan lain adalah bahwa laptop gaming terbaik ROG Flow X16 merupakan salah satu yang menggunakan LCD ROG Nebula Dislpay serta ROG Intelligent Cooling.

Kendati teknologi RAM tidak lebih hemat dari pendahulunya, slot yang ada memungkinkan penggunaan memory hingga DDR5 64GB.

Jika kamu orang yang praktis maka tombol shortcut pada keyboard bisa kamu manfaatkan untuk akses software favorit.

ROG Flow Z13

Laptopnya Republic of Gamers Flow Z13
Flow Z13 adalah seri yang paling beda dari tipe Flow yang lain, terutama dari segi desain. Tipe ini mengusung desain 2 in 1 yaitu 2 device jadi satu, yakni laptop dan tablet. Tidak seperti X13 atau X16 yang hanya melipat keyboardnya untuk menjadi tablet. Flow Z13 bisa melepas penuh keyboardnya sehingga benar-benar menjadi tablet secara sempurnya.

Desain yang mengusung tema retro futuristik memang menjadi magnet tersendiri bagi yang melihatnya. Jendela kecil dengan led rgb yang ada pada bagian belakang menjadi atraksi tersendiri dari tipe ini.

Perbedaan lain dengan X13 atau X16 adalah penggunaan prosesor Intel generasi ke 12. Istimewanya dari prosesor ini adalah terdapat 2 jenis core, dari 14 core yang ada 6 diantaranya adalah khusus P-Core (Performence Cores) dan 8 adalah E-Core (Efficient Cores). Karena 2 jenis core tersebut intel generasi 12 terkenal dengan performa tinggi namun tetap hemat daya.

Flow Z13 merupakan satu-satunya ASUS ROG yang menggunakan dual kamera yakni kamera belakang 8MP dan kamera depan 720P HD.

Sama dengan Flow X13, penggunaan LPDDR5 membuat performa ngebut makin irit daya. Kendati demikian kapasitas maksimalnya adalah 16Gb. Performa irit ini makin lengkap dengan fitur flash charging, sehingga menjadi yang paling portable.

Untuk sistem pendingin sama persis dengan Flow X13. Oleh karena itu Flow Z13 merupakan notebook gaming terbaik paling tipis dan paling ringan.

ROG Tipe Zephyrus

Tipe ini mempunyai konsep notebook gaming gamer mania yang mana para gamer tidak mementingkan sisi lain selain gaming itu sendiri. Dengan demikian apa yang ada pada tipe flow seperti touchscreen, tablet convertible dan kamera belakang tidak ada pada tipe ini. Sebagai gantinya kamu akan mendapatkan performa gaming paling wahid yang pernah ada.

ASUS ROG Zephyrus M16

laptop gaming asus zephyrus m16
Mengusung layar 16 inci Zephyrus M16 mempunyai 94% screen-to-body ratio sehingga bezel sangat tipis dan membuat pandangan makin lega. Salah satu dari 2 laptop gaming terbaik ASUS ROG yang menggunakan Intel generasi ke 12 sebagai otaknya selain Flow Z13. Jumlah core sama dengan Flow Z13 yakni 14 core, 6 P-Core dan 8 E-Core. Kalau pada Z13 hanya tersedia dengan intel i7 maka pada Zephyrus M16 ada yang menggunakan Intel i9.

GPU yang tertanam sama dengan Flow X16 yakni GeForce RTX 3060, sehingga performance sama-sama kencang.

Meskipun RAM menggunakan DDR5, namun slot yang tersedia ada 2, sama halnya dengan slot PCIe M.2 SSD yang juga ada 2.

180 derajat ergolift membuat keyboard terangkat seiring dengan layar terbuka, sehingga aktifitas ngetik atau menggunakan keyboard lebih nyaman.

Speaker yang tertanam ada 6 buah, yang mempunyai Dolby Atmos merujuk pada salah satu teknologi yang spesialnya bisa menciptakan suara imersif dan mengejutkan. Efek suara ini bagi orang awam disebut efek 3D. Selain itu juga mendapatkan sertifikat Hi-Res dari Sony yang mana telah memenuhi setidaknya 24bits dengan sampling rate minimal 96kHz.

ASUS Republic Of Gamers Zephyrus Duo 16

ASUS Republic Of Gamers Zephyrus Duo 16
Inilah laptop gaming pertama yang menggunakan dual monitor. Monitor kecil ini sangat bermanfaat bagi aktivitas seperti live streaming game online atau proses editing. Pada live streaming kita bisa memanfaatkannya untuk keperluan chatting atau memonitor kinerja hardware seperti thermal atau framerate. Sementara untuk proses editing bisa untuk layar kedua yang berisi tool tool editing.

Semua yang ada pada Zephyrus M16 ada pada Zephyrus Duo 16 kecuali 180 derajat ergolift dan GPU yang tersedia ada GeForce RTX 3070 selain 3060.

ROG Zephyrus G14 Terbaik

notebook gaming terbaik rog g14
ROG selanjutnya adalah Zephyrus G14 yang merupakan favorit saya. Hal yang menjadi daya tarik lain dari notebook gaming ini adalah adanya anime matrix display pada bagian belakang layar. Fitur ini adalah serangkaian LED yang bisa menampilkan apapun dalam bentuk lampu LED, seperti gambar, tulisan atau animasi. Desainnya unik dengan warna putih menambah kesan stylish pada tipe ini.

CPU menggunakan Ryzen 9 atau ada juga yang Ryzen 7, dan satu-satunya laptop gaming terbaik ASUS ROG yang menggunakan GPU dari AMD Radeon 6000 series. Karena CPU dan GPU sama-sama dari AMD maka performence tidak kalah kencangnya.

Strix SCAR 17

notebook gaming terbaik Strix SCAR 17
Strix SCAR 17 merupakan satu-satunya ROG yang berukuran jumbo 17 inci. Menurut kami tipe merupakan versi ultimate dari semua ASUS ROG, meski GPU sama dengan Flow X16 dan Zephyrus Duo 16 yakni NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. CPU nya menggunakan 12th Gen Intel® Core™ i9 up to 5.0 GHz dengan 16 cores: 8 P-cores and 8 E-cores. Dengan jumlah E-Core dan P-Core yang lebih banyak maka tidak ada ASUS ROG lain yang mengungguli.

Perbandingan Semua ASUS ROG

Flow X13 Flow X16 Flow Z13 Zephyrus G14 Zephyrus M16 Zephyrus Duo 16 Strix SCAR 17 (Special Edition)

CPU Processor

AMD Ryzen
12th Gen Intel®Core™

RAM

LP(Low-Power)DDR5
DDR5

SSD

M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

Display

Touchscreen
Nebula Display
Nebula HDR
Adaptive Sync
Mux Switch
Stylus-compatible
Dolby Vision
Pantone Validated

Graphics

NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti
Intel Iris Xe
AMD Radeon™ RX 6800S

Port

1x ROG XG Mobile Interface
1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC

Fitur Lain Laptop Gaming Terbaik

Built-in 3D array microphone
Dolby Atmos
AI noise-canceling technology
Hi-Res certification
4-speaker system
harman/kardon certified audio
Smart Amplifier Technology
6-speaker(dual-force woofer) system

Tips Memilih Laptop Gaming

Harga yang ada di pasar memang bervariasi namun yang pasti jika kamu punya budget lebih dan seorang gamer, daripada membeli seharga dibawah 5 jutaan, mending memilih varian termurah dari ASUS ROG.

Namun jika semua varian ASUS ROG belum sesuai dengan budget, mungkin bisa ikuti saran saya berikut ini.

  1. List daftar game yang paling sering kamu mainkan.
  2. Golongkan game tersebut berdasarkan spesifikasi yang diperlukan.
  3. Buat spesifikasi kelompok game yang lebih rendah jadi acuan pemilihan laptop gaming terbaik.
  4. Jika spesifikasi sudah dapat, kumpulkan dengan spesifikasi yang sesuai.
  5. Periksa satu persatu notebook gaming yang kamu kumpulkan, cek merek dan tipe hardware pada situs resmi masing-masing, sejauh mana kapabilitas untuk bermain game.
  6. Selalu periksa dan cari informasi tentang VRAM.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 12

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *