FITUR UTAMA

Bukuwarung menawarkan berbagai solusi pencatatan keuangan dan PPOB melalui fitur utama berikut...

APLIKASI CATATAN PEMASUKAN DAN PENGELUARAN

Pencatat keuangan mulai pengeluaran, pemasukan, penjualan, dan berbagai macam transaksi usaha.

LAPORAN KEUNTUNGAN

Laporan keuntungan(harian, mingguan, bulanan atau bisa disesuaikan jangka waktunya).

PENGATURAN STOK

Pengaturan stok barang yang juga secara otomatis terhubung dengan pembelian (re-stok) dan penjualan.

PENCATAT HUTANG

Pencatat hutang piutang dilengkapi dengan pengaturan tanggal jatuh tempo dan penagihan otomatis.

PEMBAYARAN DIGITAL

Bayar dan terima pembayaran digital atau antar bank bebas biaya admin.

PPOB

Tambah pemasukan dengan jualan pulsa, token listrik, e-wallet, dan paket data lengkap, cepat, praktis, dan aman.

⭐ 4.5

User Rating

5jt+

Download

75,5k+

Reviews

15 MB

Space Usage

Tersedia gratis di Google PlayStore

Kompatibel dengan berbagai tipe android dan smartphone

WHAT THEY SAY...

Apa kata mereka ?

Aplikasi praktis untuk usaha (UMKM) JURAGAN...

Berikut adalah panduan fitur-fitur unggulan aplikasi catatan pemasukan dan pengeluaran BukuWarung

aplikasi catatan pemasukan dan pengeluaran

Fitur Multi Usaha (UMKM)

Fungsi dari fitur ini adalah untuk menambah akun usaha di BukuWarung, jadi misalnya juragan punya peternakan lele dan nila namun ingin masing-masing punya catatan sendiri-sendiri. Catatan yang ada pada masing-masing usaha (UMKM) yang juragan buat tidak terkoneksi satu sama lain. Sehingga lebih mudah untuk memisahkan pembukuan.

Pengaturan Stok

Waktu pertama menjalankan aplikasi BukuWarung, fitur stok belum muncul, butuh di aktivasi terlebih dahulu seperti gambar berikut.

fitur pengatruran stok
Waktu pertama kali membuka aplikasi (setelah mengaktifkan fitur stok), disarankan untuk menambah produk atau barang dagangan secara manual beserta jumlahnya. Setelah itu, untuk selanjutnya stok akan bertambah dengan sendirinya apabila juragan mencatat pengeluaran untuk membeli stok (re-stok). Demikian juga ketika juragan mencatat penjualan lewat fitur pemasukan, barang akan berkurang secara otomatis.
Catatan : Isikan dengan lengkap karena akan memudahkan kita kedepannya dalam penggunaan aplikasi. Untuk penjual jasa tidak perlu mengisi karena tidak mengaktifkan fitur pengaturan stok diatas. Kolom "Pcs" adalah ukuran satuan dari item, jika ukuran satuan tidak ada maka bisa ditambah ukuran satuan sendiri, seperti meter atau meter persegi. Isi "Stok Saat Ini" dengan jumlah yang ada sekarang, dan isi "Stok Minimum" dengan jumlah minimal yang kamu inginkan agar aplikasi dapat mengingatkan jika Barang / Produk mencapai angka minimum tersebut. notifikasi stok menipis
Jika Juragan jual produk / barang yang bisa di ECER, lebih baik isi "Harga Jual" dan "Harga Modal" dengan harga per satuan. Misalnya 1 roll kain panjang 25 meter dengan harga Rp. 250.000,- , maka hitung dulu harga per meternya, 250000/25 = 10.000, maka isi kolom harga modal dengan 10000. Demikian juga dengan stok saat ini, isi dengan jumlah panjang yang ada, misalnya saat ini masih ada sisa satu roll, berarti isi dengan 25. Contoh kedua adalah air mineral botol isi 24, harga satu dus Rp. 60.000,-, maka 48000/24=2000, jadi bisa isi Harga Modal dengan 2000 bukan 60000.

Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Untuk bagian nominal, akan terisi otomatis bila juragan menambahkan barang. Demikian juga dengan jumlah barang yang terbeli, akan otomatis mengurangi jumlah pada pengaturan stok. Jika pemasukan tidak berkaitan dengan pembelian barang / re-stok atau jika pemasukan adalah produk jasa, maka bagian "Tambah Barang" bisa dikosongkan.
Juragan juga bisa print langsung dari aplikasi BukuWarung, dengan memanfaatkan bagian cetak nota, seperti berikut ini: cetak nota dari aplikasi
melacak order dan pengepakan, juragan bisa isi form “Informasi Opsional” bagian CATATAN dengan nomor resi atau alamat pengiriman, bagian UPLOAD GAMBAR dengan bukti transfer atau screenshot WA mengenai transaksi seperti hutang dll. Tak hanya itu, fitur pemasukan dilengkapi dengan menu POS (Point of Sales) yang disebut “Mode Kasir” pada bagian kanan atas aplikasi. Segala transaksi di Mode Kasir akan otomatis masuk ke catatan juragan.
Jika Juragan penyedia jasa bisa isi CATATAN dengan detail singkat pekerjaan/ termin pembayaran dan bagian UPLOAD GAMBAR dengan foto pekerjaan yang telah diselesaikan atau dengan screenshot pembicaraan order.
Pengeluaran merupakan catatan berbagai pengeluaran bisa re-stok barang/produk atau pengeluaran lain. Khusus untuk re-stok atau pembelian stok, jumlah barang pada pengaturan stok akan secara otomatis ter-update.
Bila ada pembelian satu roll, satu pack, atau satu dus, tetap pakai jumlah satuan. Misalkan pengeluaran untuk re-stok air mineral 1 dus, berarti jumlah barang diisi 24. Pada bagian UPLOAD GAMBAR bisa diupload nota pembelian, atau bukti pembelian lain. Untuk catatan bisa diisi detail pembelian lain.

Arsip Hutang

Menu ini adalah catatan hutang piutang, baik hutang yang diberikan pada pelanggan atau hutang juragan pada pihak lain. Terdiri dari menu “Terima” dan “Berikan”, terima adalah ketika kita berhutang dan berikan adalah memberikan hutang.

Menu ini adalah catatan hutang piutang, baik hutang yang diberikan pada pelanggan atau hutang juragan pada pihak lain. Terdiri dari menu “Terima” dan “Berikan”, terima adalah ketika kita berhutang dan berikan adalah memberikan hutang.
Jika kita pilih salah satu nama dari daftar hutang, maka akan ada pilihan tanggal jatuh tempo, untuk mengatur kapan tanggal jatuh temponya. Untuk pelunasan hutang, ada 2 metode, pertama adalah dengan memilih “Lunaskan”, yang berarti pelunasan hutang konsumen secara manual. Yang kedua adalah pembayaran dengan verifikasi otomatis layaknya membayar tagihan e-commerce, nantinya nominal hutang (baik juragan yang berhutang atau hutang konsumen) akan secara otomatis juga terupdate.
Tagih dan kirim uang dari pelanggan bisa pakai BukuWarung
Sebelum masuk ke topik tersebut, kita pahami dulu maksud dari tagih dan kirim uang, tagih yang dimaksud adalah fitur penagihan hutang otomatis yang berisi link pembayaran dan nomor rekening juragan. Seperti gambar berikut : whatsapp bukuwarung tagihan Kirim uang maksudnya adalah pembayaran hutang bisa langsung melalui aplikasi bukuwarung. Bank yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:
  • BCA
  • BNI
  • BRI
  • CIMB NIAGA
  • MANDIRI
  • PERMATA

PPOB (Payment Point Online Banking)

Juragan bisa jualan PPOB (Pulsa, Token Listrik, Paket Data, E-Wallet) pakai BukuWarung. Menjadi penjual PPOB (Payment Point Online Banking) tak pernah semudah ini, karena semua transaksi terintegrasi satu sama lain.

Berikut adalah contoh transaksi apabila kita ingin jadi agen pulsa.
Cara yang sama untuk berbagai produk seperti token listrik, paket data atau e-wallet. Transaksi yang dilakukan dalam PPOB otomatis masuk ke catatan pemasukkan.
Apabila konsumen berhutang, cukup pilih saja transaksi pulsa tersebut dan ubah status ke “Belum Lunas”, setelah dirubah, maka akan masuk ke daftar hutang secara otomatis, seperti berikut. hutang pulsa

BukuWarung Social Media

GET IN TOUCH...

Apabila juragan mengalami kendala dalam pemakaian bisa langsung tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *