laptop terbaik asus expertbook b1 b1400

Review Notebook Bisnis Terbaik Tahun 2022 ASUS ExpertBook

Menentukan notebook bisnis terbaik tidaklah sesulit yang dibayangkan, asalkan kita tahu apa saja yang kita butuhkan dari sebuah laptop bisnis terbaik dalam proses bisnis yang kita jalani. Kebutuhan bisa bermacam-macam tergantung pada bidang bisnis yang digeluti. Misalkan bisnis kita bergerak dibidang online shoping, berarti butuh notebook yang punya konektivitas bagus dan sanggup menjalankan program editing foto produk sederhana seperti photoshop dengan lancar.

Kriteria notebook Bisnis Terbaik

Untuk mempermudah kita dalam menentukan notebook bisnis terbaik, coba simak kriteria yang kami buat, dimana kriteria berikut adalah berbagai hal yang mungkin saja diperlukan para pelaku bisnis berbagai bidang.

Mobilitas

Mobilitas disini dipengaruhi oleh desain dan berat. Mengapa ? karena notebook bisnis harus tipis dan ringan sehingga nyaman untuk dibawa kemanapun. Seberapa tipis dan ringan tergantung dari daftar notebook bisnis yang ada di pasaran, makin ringan dan makin tipis tentunya mempermudah mobilitas pengguna.

Keamanan

Faktor keamanan semestinya menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh vendor notebook bisnis. Keamanan bisa meliputi banyak hal, seperti penggunaan chipset generasi terbaru yang lebih tahan terhadap serangan virus (malware), sensor sidik jari, kamera pengenal wajah, GPS tracking apabila dicuri orang dan fitur keamanan lain.

Faktor keamanan lain yang berbeda dari yang atas adalah keamanan pengguna, seperti cahaya layar notebook atau adanya perlindungan khusus keyboard dari debu dan cairan. Karena pekerjaan digital membutuhkan waktu berjam-jam didepan layar, akan sangat melelahkan mata apabila tidak ada pelindung untuk mata, misalnya auto brightness atau blue light protection. Pun demikian dengan pelindung keyboard yang bisa menjauhkan komponen di dalam notebook dari cairan dan debu yang mungkin mengakibatkan kerusakan.

Performa

Performa disini adalah termasuk kecepatan dan baterai. Kecepatan yang kami maksud adalah seberapa cepat membuka dan memproses software-software bisnis. Hal ini layak untuk kami masukkan dalam kriteria notebook bisnis terbaik karena seharusnya para produsen notebook selalu memperhatikan performa, meskipun untuk kebutuhan bisnis. Karena makin cepat prosesnya akan membuat penggunaan notebook bisa maksimal, pekerjaan di dunia digital bisa lebih lancar.

Baterai juga tak kalah penting dalam performa, baterai yang boros akan mengganggu dalam produktivitas bisnis. Bagaimana tidak, seharian di luar rumah untuk keperluan bisnis, harus berkali-kali mencari tempat charging. Pengisian daya baterai pun begitu, pengisian yang terlalu lama juga akan menghambat pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi.

Daya Tahan

Daya tahan komponen fisik mulai casis, layar dan komponen lain mustinya juga bagus, mengingat mobilitas yang sedemikian rupa para pelaku bisnis. Karena mungkin akan ada benturan-benturan, ketika diletakkan atau ketika dibawa. Notebook bisnis terbaik pasti tidak akan mudah rusak atau bermasalah ketika mengalami sedikit benturan.

Konektivitas Pada Notebook Bisnis Terbaik

Konektivitas sangat penting untuk notebook bisnis, mengingat notebook akan dihubungkan dengan berbagai alat penunjang dalam kegiatan bisnis.

Wifi

Penggunaan internet yang semakin intens dalam kegiatan bisnis mengharuskan notebook-notebook bisnis harusnya menggunakan teknologi wifi terbaru yang makin kencang dan kuat dalam menerima sinyal dari router. Dengan wifi yang kencang maka segala proses koneksi akan lancar, seperti meeting online, upload dan download.

Penerimaan sinyal yang kuat juga sangat dibutuhkan, karena kita tidak bisa selalu memastikan posisi router dekat dengan notebook. Akan sangat merepotkan apabila penerima sinyal wifi lemah, pekerjaan online juga akan terhambat karena internet yang cepat menjadi lemot.

Bluetooth

Bluetooth sudah seharusnya ada dalam notebook bisnis, karena meminimalisir penggunaan kabel sehingga akan makin ringkas untuk mobilitas kita. Teknologi bluetooth yang umum dipakai sekarang kami rasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan bisnis kita, seperti koneksi dengan speaker, mouse, keyboard, printer hingga proyektor. Namun akan lebih baik jika menggunakan teknologi bluetooth yang lebih bagus, baik dari segi koneksi maupun kekuatan untuk menjalankan banyak perangkat secara bersamaan.

Port External pada notebook bisnis terbaik

Port external juga sangat penting untuk menentukan notebook bisnis terbaik, karena masih banyak juga perangkat yang belum ada teknologi nirkabel seperti wifi atau bluetooth. Misalnya kita meeting di suatu tempat yang perangkatnya belum ada wifi atau bluetooth, bahkan mungkin tidak ada hotspot, disinilah butuh port external. Port external bisa meliputi colokan HDMI, USB, USB-Type C, LAN dan lain sebagainya.

Fitur Touch Screen

Mengapa kita memasukkan ini dalam kriteria notebook bisnis terbaik ? karena era digital membuat kita akan berjam-jam menggunakan notebook, sehingga fitur touch screen akan sedikit meredakan lelah. Sebagai contoh dengan fitur touch screen bisa membaca dokumen panjang sambil tiduran sebentar. Atau ketika dalam perjalanan dan tidak ada meja untuk tatakan notebook, kamu bisa tetap menggunakannya dengan mudah tanpa harus memangkunya.

Mengapa Memilih Seri ASUS ExpertBook Sebagai Notebook Bisnis Terbaik

Dalam perkembangan dunia notebook, ASUS telah dikenal dengan berbagai inovasi nya, dan menjadi vendor notebook pertama yang menggunakan segmentasi sebagai penentu dalam merancang sebuah produk notebook atau CPU. Contoh yang paling terkenal dari adalah seri ROG, yaitu sebuah seri baik CPU atau notebook keluaran ASUS yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan para gamers sejak 2006. Maka dari itu, kami rasa mereka akan melakukan hal yang sama untuk segmentasi notebook bisnis.

Selain dari sisi track record, yang kami yakin akan dilakukan ASUS, kami juga menemukan bahwa semua seri ASUS ExpertBook memiliki beberapa persamaan yang sangat penting untuk sebuah notebook bisnis. Diantaranya adalah

Processor

Semua varian dari ASUS ExpertBook mendukung intel i7 generasi 11, yang mana hanya 1 tingkat terpaut dari generasi terbaru prosesor intel.

GPU (Graphics Processing Unit)

Dari sisi GPU, hanya satu varian yang menggunakan MX330 NVIDIA®, sementara yang lain menggunakan Intel® Iris® Xe. Keduanya merupakan GPU berstandart game yang dikembangkan oleh perusahaan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan gamers.

Storage / Media Penyimpanan

Semua seri ExpertBook dibekali SSD yang kecepatan proses datanya 5x lebih cepat dibandingkan hard disk biasa. Tak hanya itu, kebanyakan SSD tersebut menggunakan tipe M.2 PCIe yang bahkan lebih cepat 5x dari SSD biasa yang menggunakan kabel SATA. Ditambah lagi, ada dua varian yang menggunakan teknologi RAID yang mampu membuat M.2 2x lagi lebih cepat.

Konektivitas

Semua varian telah tertanam WIFI 6 dan Bluetooth 5 yang merupakan teknologi nirkabel terbaru. Ini akan sangat memudahkan para pebisnis untuk mendapatkan koneksi maksimal, karena sinyal penerima wifi atau bluetooth makin kuat. Tak hanya itu, 2 varian terdapat koneksi data 4G LTE hingga 5G karena didalamnya built-in nano SIM card slot.

Port yang disediakan semua varian juga terbilang lengkap mulai dari Intel® Thunderbolt™ 4 USB-Type C yang mendukung pengisian daya cepat hingga SD card reader. Hal ini tentu sangat dibutuhkan pada notebook bisnis sebagai konektivitas ke berbagai perangkat external yang mungkin ada di beberapa situasi.

Teknologi Layar

Layar ASUS ExpertBook di rancang dengan engsel ergo lift, dimana kemiringan keyboard akan terangkat seiring notebook dibuka. Tentu saja agar tangan tidak mudah lelah ketika para pebisnis menggunakan keyboard dalam waktu lama, seperti membuat laporan atau menulis script yang panjang.

Touch screen multi-touch yang support pensil stylus pada seri ExpertBook Flip juga makin memudahkan pelaku bisnis untuk berakselerasi. Tipe ExpertBook B1 bisa dibuka hingga 180 derajat, sementara tipe yang lain bisa sampai 360 derajat.

Keamanan

Kekuatan Struktur Body Standar Militer

Dari sisi keamanan body, ASUS ExpertBook telah lulus standarisasi militer AS MIL-STD810H, yaitu standarisasi militer USA. Dengan standar militer tersebut semua notebook ini mampu bertahan dalam setiap kondisi ekstrem, dari suhu sangat dingin atau beku, hingga panas terik badai gurun, dan guncangan berkecepatan tinggi hingga benturan sehari-hari. Pengujian juga dilakukan, seperti uji tekanan panel, guncangan hingga jatuh, uji ketahanan buka tutup hingga 30.000 kali, dijatuhkan dari 120 cm, dan berbagai tes lain.

Standar ini sangat penting untuk notebook bisnis karena pebisnis biasanya punya mobilitas tertentu, yang mungkin saja secara tidak sengaja terbentur atau bahkan jatuh.

Lapisan Pelindung Cairan (Spill-Resistant) Keyboard

Spill-Resistant Keyboard yang ada pada ExpertBook mampu melindungi komponen dari tumpahan cairan pada keyboard. Ketumpahan cairan sangat mungkin terjadi karena mengerjakan sesuatu didepan notebook apalagi dalam waktu yang lama, pasti ditemani minuman yang bisa saja menetes atau bahkan tumpah.

Fingerprint

Sidik jari tertanam pada tombol power semua ExpertBook, yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas otentikasi di windows. Dengan fingerprint password atau otentikasi akan lebih terlindungi dari aktivitas spy atau memata-matai.

Privacy Shield Camera

Privacy Shield Camera atau webcam shield merupakan penutup kamera yang bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. Ini membantu kita dalam menjamin bahwa privasi kita tetap terjaga, dengan menutup kamera ketika tidak digunakan.

Perlindungan Dari Cahaya Biru

TÜV Rheinland melindungi mata dari cahaya biru yang membuat mata cepat lelah sehingga meminimalisir terjadinya sakit mata.

Enkripsi Data Notebook Bisnis Terbaik

ASUS ExpertBook juga di lengkapi dengan Trusted patform module 2.0, yaitu sebuah chip khusus untuk enkripsi data dalam notebook dTPM 2.0. Enkripsi data ini termasuk berbagai otentikasi yang digunakan oleh berbagai program, seperti password, atau transaksi. Dengan demikian detail data kamu dalam berbagai transaksi penting akan tetap terlindungi dan nyaris menghilangkan resiko kebocoran data atau peretasan.

Backlit Keyboard

Backlit keyboard ditanamkan pada semua keyboard seri ExpertBook, yaitu LED yang bisa dihidup matikan untuk menerangi tombol-tombol pada keyboard. Ketika kondisi gelap atau lampu mati, kamu tetap bisa mengerjakan atau mengetik pekerjaan dengan lancar, karena tombol-tombol keyboard menyala.

Virtual NumberPad

NumberPad adalah deretan angka 9 baris dari 1 sampai 9, yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard konvensional. Pada notebook bisnis ASUS ExpertBook B1 1400 number pad ini di integrasikan dalam touchpad, dengan bantuan lampu LED yang tertanam dibaliknya. Kamu bisa dengan mudah menyalakannya dan mengatur kecerahannya dengan icon di sudut kanan dan kiri touchpad.

Daftar Notebook Bisnis Terbaik 2022

Berikut adalah 5 rekomendasi notebook bisnis terbaik ASUS ExpertBook beserta keunggulan dan perbedaan diantaranya.

Notebook Bisnis Terbaik Termurah ASUS ExpertBook B1 B1400

notebook terbaik asus expertbook b1 b1400

B1 B1400 bisa dibilang kelas notebook bisnis new entry yang cocok buat pebisnis yang baru berkembang, karena fitur pokok yang diperlukan untuk kelas bisnis ada. Soal mobilitas, dengan tebal 19mm dan berat 1.4kg, notebook ini cukup bisa kompromi dengan mobilitas pebisnis, tipis dan ringan.

Berbekal GPU MX330 NVIDIA®, yang standar game, akan sangat mudah mengoperasikan berbagai program bisnis standar yang kamu miliki.

Slot Hard Disk SATA dalam notebook ini juga bisa membantumu memindahkan data dari notebook kamu yang lama, cukup tukarkan saja, karena biasanya notebook lama masih hard disk yang berbentuk piringan didalamnya.

Karena seri ini juga menggunakan Hard disk yang berupa piringan didalamnya, maka lebih rentan dari guncangan. Oleh karena itu rancangannya menggunakan protective foam yang mampu meminimalisir getaran, guncangan hingga benturan, yang bisa berakibat fatal.

Notebook Bisnis Terbaik Paling Ekonomis ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

notebook bisnis terbaik asus expertbook b3
ExpertBook B3 Flip B3402 paling cocok buat kamu yang sering presentasi atau mengisi seminar, seperti pengajar atau seorang data analyst. Layar touch screen 360 derajat, pensil stylus dan 4G LTE memberikan kemudahan kamu untuk ber akselerasi dengan menggunakan notebook. notebook ini juga cocok untuk kamu yang punya profesi sebagai coder, baik itu web developer ataupun app designer.

Notebook Bisnis Terbaik Pilihan Kami | ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F

perbedaan asus expertbook b5
B5 Flip B5302F lebih cocok buat kamu yang berprofesi sebagai design conceptor atau seniman gambar, karena touch screen support 4096, yang membuat akselerasi pensil stylus bisa lebih detail berdasarkan tekanan. HDR enhanced realism memberikan warna yang jelas serta visual yang sangat detail dan realistis, dengan gamut warna 100% DCI-P3 tingkat bioskop. Ini membuat hasil cetakan dari gambarmu sesuai dengan apa yang kamu buat pada layar.

ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F

notebook bisnis asus expertbook b7
B7 Flip B7402F sangat cocok buat kamu yang sering bermain dengan big data, yaitu mengedit data yang ukurannya besar. Dengan pendingin AHCS pemrosesan data-data besar tidak akan berpengaruh banyak terhadap temperatur CPU, sehingga kinerja tetap stabil. Dukungan 5G membuat transfer data baik upload atau download akan jauh lebih cepat. Profesi yang mungkin cocok adalah seorang desainer UI, yang mana berurusan dengan code-code yang terkadang ukurannya besar. Seorang auditor mungkin juga akan sangat terbantu dengan seri ini. Ditambah lagi fitur keamanan yang telah disematkan dalam notebook ini membuat data sensitif, transaksi perbankan, atau transaksi jual beli jauh lebih aman.

ASUS ExpertBook B9 Flip B9400

spesifikasi asus expertbook b9
B9 B9400 mungkin sangat cocok buat kamu seorang freelancer yang sangat mobile, yang sering sekali berpergian. Beratnya yang sangat ringan (800 gram) dan bodynya yang tipis membuatnya ringkas dibawa kemanapun. Kalau boleh kami bilang bahwa notebook ini kelasnya sudah legendary bukan lagi ultimate, karena hampir semua yang dibutuhkan untuk sebuah notebook bisnis ada di seri ini.

Tips Memilih dari 5 Notebook Bisnis Terbaik ExpertBook

Agar kamu mudah menentukan mana notebook bisnis yang paling cocok, mungkin hal yang paling mudah adalah menentukan budgetnya dulu, berapa yang kamu anggarkan untuk membeli notebook. Harga notebook di atas dari berkisar antara 12 jutaan hingga 30 jutaan, bergantung varian spek yang tersedia di pasaran. Nah sekarang tinggal kamu pilih mana yang kira-kira akan sangat membantumu menjalankan bisnis, dan yang paling masuk anggaranmu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *