Pada artikel kali ini kita bahas kembali tanya veronika asisten Virtual telkomsel berdasarkan berbagai sudut, mulai terminologi hingga cara menggunakan.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita sedikit berbagi tentang brand jaringan telepon selular besar Telkomsel. Telkomsel lahir pada 1995 dengan diluncurkannya produk pertama yaitu kartuHallo. KartuHallo merupakan jaringan selular berbasis pasca bayar yang menggunakan sistem abonemen. Telkomsel dalam kurun waktu beberapa tahun, telah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Telkomsel secara konsisten juga selalu terdepan dalam teknologi jaringan 2G, kemudian menjadi pionir ketersediaan 3G, 4G bahkan sudah siap dengan 5G. Kali ini tampaknya lagi-lagi telkomsel membuktikan menjadi salah satu penyedia jaringan seluler terbaik Indonesia dengan adanya teknologi chatbot Veronika asisten Virtual.

Asisten Virtual, Kecerdasan Buatan dan Chatbot

Asisten Virtual merupakan industri yang telah lama dikenal masyarakat paling tidak oleh masyarakat global. Pengertian dasar dari asisten virtual adalah seseorang atau lembaga yang membantu orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari berdasarkan skill tertentu secara jarak jauh. Hal yang membedakannya dengan sekretaris ada 2 yaitu skill dan kehadiran. Sekretaris hadir secara fisik dan bersifat skill administratif sedangkan asisten virtual secara online dan skill tergantung kebutuhan.

Pada perkembangannya asisten virtual tak lagi sebatas memanfaatkan sumber daya manusia saja, namun kini merambah dunia kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan hadir pada dekade terakhir ini, sejak perkembangan dunia digital sedemikian pesatnya. Pengertian kecerdasan buatan (Artificial Intelligence (AI)) adalah sebuah rangkaian sistem digital yang dikembangkan sehingga mirip dengan salah satu atau lebih perilaku manusia.

Kemajuan Artificial Intelligence ditandai dengan hadirnya asisten pribadi siri oleh Apple pada perangkat smartphone iPhone 4s, kemudian disusul asisten google beberapa tahun kemudian. Dari keduanya masyarakat digital mulai mengenal istilah Chatbot (chatting bot), padahal sebenarnya chatbot lebih dulu ada dibandingkan keduanya. Contoh dari chatbot yang melegenda adalah aplikasi simi-simi, yaitu permainan chatting dengan karakter simi-simi yang di desain mampu menjawab banyak pertanyaan dengan jawaban yang lucu.

Definisi mengenai Chatbot adalah sebuah program yang dikembangkan agar mampu menjawab semua pertanyaan secara otomatis berdasarkan kata kunci dalam percakapan, yang diketik oleh pengguna.

Chatbot Veronika Asisten Virtual

Dalam pengertiannya, tanya veronika asisten virtual adalah program penjawab otomatis berbasis chatting, menggunakan kecerdasan buatan berupa chatbot guna melayani pelanggan Telkomsel dengan cepat dan tepat. Bisa dibilang inilah AI buatan anak negeri, karena Telkomsel menggandeng perusahaan chatbot asal Indonesia untuk mengembangkan chatbot Veronika.

Asisten virtual Veronika Telkomsel sudah beroperasi kurang lebih 4 tahun dalam melayani pelanggan kapan pun di mana pun. Sejak diluncurkan 17 Agustus 2017 tampaknya menjadikan telkomsel brand jaringan telepon selular yang pertama yang menggunakan chatbot sebagai pelayanan pelanggan.

Cara akses Veronika asisten virtual

Berbeda dari chatbot siri, google atau simi-simi, Veronika bisa di akses melalui beberapa media sosial khususnya per pesanan yang telah lebih dulu banyak digunakan masyarakat.

Facebook dan Facebook Messenger

Pengguna facebook bisa mengakses chat dengan 2 cara, diantaranya.

  1. Browser desktop atau PC
    • Buka browser seperti safari, chrome, firefox atau UC browser
    • Buka laman FB dan login
    • Cari akun resmi telkomsel dengan mengetik Telkomsel pada kolom pencarian, cari akun Telkomsel yang bercentang biru (verified)
    • Buka laman tersebut dan pilih send messages atau kirim pesan
    • Setelah muncul dialog box atau kotak percakapan, anda bisa mulai chatting dengan Veronika.
  2. Melalui smartphone
    • Sedikit berbeda dari lewat PC, pada smartphone anda harus install Facebook messenger karena segala per pesanan facebook dari smartphone akan diarahkan menggunakan Facebook Messenger. Untuk caranya kurang lebih sama.

Whatsapp

Penggunaan whatsappa untuk tanya veronika asisten virtual sedikit mengejutkan saya, oh ternyata bisa ya chatbot digunakan pada whatsapp. Untuk cara penggunaannya sama seperti biasa, yaitu catat dan simpan nomor WA Veronika di 0811 1111 1111, kemudian mulai saja seperti biasa.

Telegram

Telegram merupakan media per pesanan yang lagi trend, alasannya apalagi kalau tidak karena keterlibatan whatsapp dengan facebook. Memulai chat dengan Veronika di Telegram sangat mudah, anda tinggal install, daftar atau login dan cari nama akun “telkomsel_official_bot”. Jika akun yang anda temukan punya nama yang sama persis, sudah pasti itu akun resmi, karena nama username tidak bisa sama di Telegram. Setelah itu anda bisa langsung memulai saja seperti chatting biasa.

Website

Berbeda dari yang lainnya, akses Veronika menggunakan website ini jauh lebih mudah dan sederhana. Kita cukup buka website www.telkomsel.com. Baik melalui smartphone atau desktop, kita bisa menemukannya pada bagian kanan bawah layar dengan ikon wanita berbaju merah. Setelah itu pilih dan isi nama dan mulai chatting.

Line

Line adalah aplikasi per pesanan yang tak kalah populer, dan untuk dapat mengakses, cukup dengan cari akun resmi telkomsel yang bertanda tameng hijau dengan bintang di dalamnya. Kemudian silakan memulai chat.

Aplikasi MyTelkomsel

Untuk dapat mengakses asisten virtual Telkomsel dari aplikasi mereka sendiri, kita perlu menggunakan paket data Telkomsel, tidak bisa menggunakan paket data kartu lain atau hotspot/Wifi. Apabila anda lupa menggunakan Wifi, anda cukup switch ke paket data kemudian bersihkan history atau cache, bisa juga restart smartphone. Setelah itu bisa buka kembali MyTelkomsel dan temukan Veronika pada bagian tengah berlogo wanita mengenakan setelan merah.

Penggunaan keyword pada asisten virtual Veronika

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwa chatbot menggunakan kata kunci atau keyword untuk dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Keyword “Tanya Veronika” dapat digunakan untuk memulai percakapan untuk mendapatkan jawaban berupa hal-hal apa saja yang ditanyakan orang lain terkait layanan Telkomsel.

Selain tanya Veronika terdapat banyak keyword lain yang bisa digunakan seperti cek pulsa, beli paket dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengajukan pertanyaan

Untuk bertanya pada Veronika tidak perlu mengingat-ingat keyword tertentu, cukup coba dengan beberapa kata yang mampu menjelaskan info yang kita butuh kan. Apabila ingin mengganti topik cukup dengan “batal” atau “cancel”. Jika anda ditanya tentang nomor telkomsel anda, harap diteliti dengan benar, karena kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut sebagai verifikasi.

Fungsi dan Fitur tanya Veronika virtual asisten

Telah kami singgung di atas bahwa chatbot Veronika menggunakan kata kunci yang berfungsi untuk dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Fungsi ini di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Cek pulsa : untuk melihat pulsa saat ini
  • Riwayat isi pulsa : digunakan untuk melihat riwayat 3 pengisian pulsa terakhir
  • Beli pulsa : untuk membeli pulsa via chat
  • Cek kuota : sebagai keyword untuk melihat sisa kuota berjalan

Sementara itu, fitur yang kami maksud antara lain adalah, metode pembayaran untuk beli pulsa langsung yang cukup fleksibel yakni dapat menggunakan Bank Danamon, Permata dan LinkAja. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengirim ulang tagihan kartuHallo.

Kemudahan menggunakan Veronika

Kemudahan lain yang perlu digaris bawahi adalah kecepatan jawab Veronika yang membuat percakapan lebih cepat dan efektif. Percaya atau tidak, dalam hal langkah pembelian pulsa, bisa lebih ringkas dan cepat daripada membeli pulsa di tempat lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.