Tanya Veronika asisten virtual adalah layanan asisten pelanggan virtual berbasis teknologi kecerdasan buatan berupa chatbot yang mampu menjalankan tugas tertentu berdasarkan permintaan pelanggan. Tugas tertentu ini meliputi cek pulsa, kuota, beli pulsa, kuota hingga tukar poin telkomsel langsung dari channel media per pesanan yang disediakan. Channel tersebut adalah facebook, whatsapp, telegram, website, line dan aplikasi MyTelkomsel.

Dalam tulisan kami kali ini menyoroti sejarah bagaimana figur tidak nyata Veronika menjadi asisten virtual yang lebih interaktif. Tanya veronika asisten virtual merupakan evolusi dari layanan pelanggan telkomsel. Bagaimana tidak, mba vero yang dikenal sebagai pesan suara mailbox sebuah sistem penjawab telepon menjadi seorang asisten yang bisa dimintai tolong 24 jam.

Daftar Isi Seputar Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

  1. Tentang Telkomsel
  2. Penjelasan mengenai chatbot Veronika
  3. Fungsi dan fitur tanya asisten virtual veronika
  4. Daftar Keywords
  5. Kemudahan menggunakan Veronika
  6. Cara bertanya kepada Veronika
  7. Cara mengakses Veronika
    1. Facebook
    2. Whatsapp
    3. Telegram
    4. Website Telkomsel
    5. Line
    6. Aplikasi MyTelkomsel
  8. Video Tutorial Asisten Virtual Veronika
  9. Review Veronika Asisten Virtual

Sekilas Tentang Telkomsel

Telkomsel didirikan pada 1995 dengan diluncurkannya kartuHallo sebagai layanan GSM pasca bayar. Selama kurang lebih 26 tahun ini telkomsel telah berhasil menjadi perusahaan jaringan seluler yang selalu terdepan dalam teknologi. Mulai teknologi jaringan 2G, 3G, 4G, 5G hingga teknologi artificial intelligence veronika telkomsel.

Dalam pengembangannya, telkomsel menggandeng salah satu penyedia layanan pembuatan chatbot AI terbaik Indonesia. Meskipun tergolong teknologi baru di Indonesia telkomsel mengambil langkah berani dengan meluncurkan veronika pada 17 agustus 2017 silam. Alhasil banyak pelanggan terbantu dengan kehadirannya, bahkan saya pun tertarik untuk menggunakannya untuk beli paket disana. Telkomsel masih menjadi satu-satunya isp yang menggunakan chatbot untuk melayani pelanggan (paling tidak menurut pantauan kami).

Penjelasan mengenai chatbot Veronika

Evolusi ini berkat adanya teknologi chatbot yang memungkinkan kita melakukan perintah menggunakan teks. Teks yang dimaksud adalah keyword atau kata kunci seperti “tanya veronika” yang otomatis dibalas dengan FAQ dll. Agar lebih jelas untuk kata kunci ini bisa merujuk ke halaman 6 Cara Akses Asisten Virtual Telkomsel Veronika.

Chatbot merupakan singkatan dari chatting robot yaitu suatu program kecerdasan buatan berbasis chatting yang mampu menjawab pertanyaan dan atau permintaan pengguna berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Misalkan kita masukkan cek pulsa maka akan dijawab jumlah pulsa, jika kita menggunakan beli pulsa maka akan dijawab pilihan paket pulsa yang tersedia.

Fungsi dan fitur tanya asisten virtual veronika

Dulu veronika hanya merupakan suara otomatis mailbox atau penjawab pribadi yang selalu menjawab apabila nomor yang dituju berada di luar jangkauan atau tidak aktif. Kini dengan teknologi AI berbasis Chatbot kita bahkan bisa isi pulsa dalam percakapan.

Tanya Veronika asisten virtual berfungsi sebagai pengganti customer service yang mampu menjawab pertanyaan tentang segala info yang kita butuhkan terkait nomor telkomsel yang kita gunakan. Meskipun demikian veronika masih belum bisa menjawab keluhan pelanggan. Namun melalui sumber terpercaya dikatakan bahwa kedepannya Veronika akan mampu mengenali suara.

Fitur yang ada pada Veronika sangat beragam, diantaranya pembelian pulsa atau paket secara langsung atau membelikan pulsa nomor lain. Metode pembayaran yang digunakan juga cukup sesuai yaitu bisa menggunakan Bank Danamon, Bank Permata atau pakai LinAja (dulu bernama T-Cash).

Didukung pula beberapa metode pembayaran. Hal keren lainnya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Keyword Fungsi
Cek Sisa Pulsa Untuk mengetahui sisa pulsa
Cek Tagihan Hanya untuk pelanggan kartuHallo yang ingin melihat tagihan berjalan.
Cek Kuota Untuk melihat kuota yang sedang digunakan.
Cek PUK Meminta kode PUK.
Cek Promo Melihat promo-promo.
Beli Voucher Game Melihat berbagai voucher game dan langkah untuk membeli.
Beli Paket Berisi berbagai paket internet dan paket lainnya.
Bayar Tagihan Untuk membayar tagihan kartuHallo.
Beri Hadiah Hadiah untuk nomor telkomsel lain, misalnya pulsa atau paket.
Riwayat Tagihan Berisi 3 riwayat tagihan terakhir kartuHallo
Riwayat Isi Pulsa 3 pembelian pulsa terakhir.
Kirim Ulang Ebill Untuk mengirim ulang tagihan kartuHallo.
Beli Paket Berisi daftar paket yang ingin kita beli.
Combo Berisi paket internet combo saja.

Pada prinsipnya penggunaan kata kunci di atas mirip dengan kode-kode pada USSD, hanya saja beda karakter dan media yang digunakan.

Kemudahan menggunakan Veronika

Kemudahan menggunakan Veronika diantaranya adalah :

  • Akses mudah dengan 6 media per pesanan ter integrasi yaitu Facebook, Whatsapp, line, telegram, website telkomsel, mytelkomsel.
  • Jawaban Veronika cepat dan tepat sesuai kebutuhan
  • Metode pembayaran yang digunakan fleksibel
  • Cukup 3 langkah untuk memulai percakapan Login, cari dan mulai percakapan

Cara bertanya kepada Veronika

Anda bisa mencoba tanya Veronika tentang info apa pun yang anda butuhkan tentang kartu telkomsel anda, atau info promo saat ini. Cukup masukkan kata kunci sederhana yang menjelaskan pertanyaan anda, misalnya “tukar poin” untuk menukarkan poin, “riwayat isi pulsa” untuk tahu 3 pembelian pulsa terakhir dan lain sebagainya. Untuk mengganti topik pembicaraan bisa ketik “batal” atau “cancel”. Berikut adalah daftar lengkap kata kunci yang bisa anda coba.

Cara mengakses Veronika

Untuk dapat mengakses Veronika anda hanya butuh salah satu dari media per pesanan di bawah ini. Selain itu, anda juga harus ada smartphone dengan kartu telkomsel di dalamnya, karena nanti Veronika akan meminta kode OTP yang dikirim melalui SMS. Apabila ada kesalahan memasukkan kode OTP percakapan akan di bekukan 5 menit, asal jangan 9x berturut-turut nanti kena ban 1x24jam.

Facebook

Veronika di Facebook dapat diakses dengan 2 cara, yang pertama melalui desktop atau PC kedua dengan android. Buka facebook anda dan cari akun resmi telkomsel yang bercentang biru. Setelah menemukan akunnya pilih tombol send messages atau kirim pesan. Pada desktop / PC akan muncul kotak dialog sebelah kanan bawah halaman facebook, pada android akan diarahkan untuk menggunakan facebook messenger. Setelah memulai ada baiknya anda mencoba kata kunci “tanya veronika”.

Whatsapp

Jika anda lebih nyaman menggunakan whatsapp, silakan catat dan simpan nomor WA telkomsel Veronika di 0811 1111 1111. Untuk memulai bisa langsung saja seperti menggunakan whatsapp biasa, bisa dimulai dengan keyword “tanya veronika”.

Telegram

Pengguna telegram dapat mencari akun bot resmi milik telkomsel “telkomsel_official_bot” dan mulai dengan menggunakan kata kunci “tanya Veronika”, dan caranya sama seperti anda chat di telegram.

Website Telkomsel

Pada website www.telkomsel.com Veronika juga bisa diakses. Dengan memakai browser baik itu desktop atau PC, letaknya pun sama yaitu di sebelah kanan bawah yang bergambar wanita berbaju merah. Pilih gambar tersebut masukkan nama anda dan mulai dengan keyword “tanya Veronika”.

Line

Untuk Line anda cukup mencari akun resmi telkomsel yang bertanda shield hijau dengan gambar bintang di dalamnya. Kemudian mulai lah chatting seperti biasa kita menggunakan line dan coba pakai kata kunci “tanya Veronika”.

Aplikasi MyTelkomsel

Khusus akses dengan MyTelkomsel, anda wajib menggunakan koneksi data seluler bukan Wifi, karena untuk dapat masuk aplikasi MyTelkomsel harus pakai koneksi data. Setelah masuk, cari gambar Veronika ber jas merah kemudian mulai lah chat dengan keyword “tanya Veronika”

Video Tutorial Veronika Asisten Virtual

Review Veronika Asisten Virtual

Sudah lebih dari 4 tahun saya menggunakan telkomsel, bahkan sebelum pindah rumah saya menggunakan untuk internet daily. Di antara berbagai macam kartu SIM, menurut saya kecepatan internet dari 4G telkomsel paling kenceng dan stabil. Pada waktu itu saya isi pulsa melalui e-commerce, dengan hadirnya veronika, saya rasa tidak perlu lagi untuk isi pulsa atau beli paket melalui e-commerce, cukup dengan chating saja.

Dari hasil coba-coba saya chatting dengan asisten virtual Telkomsel, ada beberapa perbedaan di antara semua channel. Perbedaan ini meliputi jawaban yang sedikit berbeda dalam kalimat. Hal ini membuktikan bahwa Telkomsel sangat serius dalam, mengembangkan Veronika, bagaimana tidak, masing-masing channel dibuatkan 1 chatbot. Jika hanya bikin satu untuk semua, pasti jawaban chattingnya sama. Atau mungkin mba Vero ini dalam taraf belajar dictionary atau perbendaharaan kata-kata dalam sistem atau dalam percakapan, mengingat beliau adalah artificial intelligence yang sanggup belajar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *