Dalam tulisan kami kali ini menyoroti sejarah bagaimana figur tidak nyata Veronika menjadi asisten virtual yang lebih interaktif. Tanya veronika asisten virtual merupakan evolusi dari layanan pelanggan telkomsel. Bagaimana tidak, mba vero yang dikenal sebagai penjawab telepon menjadi seorang asisten yang bisa dimintai tolong 24 jam.

Evolusi ini berkat adanya teknologi chatbot yang memungkinkan kita melakukan perintah menggunakan teks. Teks yang dimaksud adalah keyword atau kata kunci seperti “tanya veronika” yang otomatis dibalas dengan FAQ dll. Agar lebih jelas untuk kata kunci ini bisa merujuk ke halaman tanya veronika asisten virtual. Di dalamnya dijelaskan ada 6 cara untuk akses atau menggunakannya.

Dulu veronika hanya merupakan suara otomatis mailbox atau penjawab pribadi yang selalu menjawab apabila nomor yang dituju berada di luar jangkauan atau tidak aktif. Kini dengan teknologi AI berbasis Chatbot kita bahkan bisa isi pulsa dalam percakapan. Didukung pula beberapa metode pembayaran. Hal keren lainnya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Ngecek pulsa
  • Melihat kuota berjalan
  • Info riwayat 3 pembelian pulsa terakhir
  • Informasi tagihan kartuHallo
  • Membelikan pulsa
  • Menukar telkomsel poin
  • Mengetahui promo dan lain sebagainya

Dalam pengembangannya, telkomsel menggandeng kata.ai, yang merupakan salah satu penyedia layanan chatbot di Indonesia sejak 2015. Meskipun tergolong teknologi baru di Indonesia telkomsel mengambil langkah berani dengan meluncurkan veronika pada 17 agustus 2017 silam. Alhasil banyak pelanggan terbantu dengan kehadirannya, bahkan saya pun tertarik untuk menggunakannya untuk beli paket disana. Telkomsel masih menjadi satu-satunya isp yang menggunakan chatbot untuk melayani pelanggan (paling tidak menurut pantauan kami).

Namun chatbot bukannya tanpa kelemahan, segala program atau sistem memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya antara lain adalah.

  1. Metode pembayaran masih terbatas
  2. Belum bisa mengenali suara (meski dikatakan bahwa veronika kedepannya akan menggunakan suara)
  3. Masih belum bisa mengenali keluhan pelanggan (tapi menurut info yang beredar, karena ini AI, veronika mampu
  4. mempelajarinya sedikit demi sedikit)

Menurut kami masih itu kekurangannya, bagaimana ? lebih banyak kelebihannya bukan ? jadi jangan ragu untuk mencoba. Semoga bermanfaat ya bun.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *